News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Cerita Winda yang Nyaman Gunakan Program JKN dari BPJS untuk Sang Anak

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Program Jaminan Kesehatan Nasional berikan banyak manfaat kepada Winda Afriyanti Putri asal Kabupaten Lombok Timur.

TRIBUNNEWS.COM - Kesehatan merupakan salah satu faktor yang sangat berharga dalam kehidupan. Tubuh yang sehat dapat memudahkan setiap manusia dalam melakukan bermacam-macam aktivitas dan pekerjaan. Di dunia ini tidak ada satu pun orang yang berkeinginan untuk sakit. Ketika dalam kondisi sakit, tubuh akan terasa tidak nyaman. Dengan demikian perlindungan kesehatan adalah salah satu hal terpenting yang sangat dibutuhkan.

Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang sudah memasuki usia tahun ke-10, terbukti memberikan beragam manfaat. Salah satunya bagi keluarga Winda Afriyanti Putri,  warga Suralaga Kabupaten Lombok Timur yang merupakan seorang ibu rumah tangga sekaligus peserta JKN dari segmen Penerima Bantuan Iuran dari Pemerintah.

Memiliki jaminan kesehatan sangatlah penting terutama saat keluarga kita harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Hal ini yang juga dirasakan oleh Winda (37) dan anggota keluarganya dimana saat sang buah hati harus dilarikan ke rawat inap rumah sakit.

Baca juga: BPJS Kesehatan Tanggung Biaya Cuci Darah Abdul Melalui Program JKN

Sang anak dilarikan ke rumah sakit karena demam tinggi disertai muntaber. Dokter pun menyarankan untuk dilakukan rawat inap untuk lebih memastikan lagi kondisi kesehatan sang sibuah hati.

“Biaya pengobatan yang kami khawatirkan tidak akan mampu kami bayar, (tapi) dibuat tenang oleh Program JKN,” ujarnya.

Untuk di rumah sakit sendiri, melihat dari pelayanan yang didapatkan oleh si buah hati dinilainya juga sangat baik.

Baca juga: Cara Cek Status Kepesertaan BPJS Kesehatan Secara Online, Bisa Lewat Aplikasi Mobile JKN

“Saat masuk kemarin itu memang kami sempat mengantri untuk dilayani karena banyak juga pasien yang sedang butuh perawatan. Tapi terlepas dari itu para perawat dan dokter sangat ramah dalam melayani, bahkan pihak rumah sakit yang membantu dan mengarahkan untuk segera mengurus perbaikan identitas anak ke kantor BPJS Kesehatan untuk dapat dilayani sebagai pasien JKN,” jelasnya.

Saat ditanya tentang bagaimana pelayanan petugas di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Selong saat datang mengurus administrasi kepesertaan, Winda menyampaikan jika pelayanan yang diterimanya dengan baik dan petugas yang melayani juga ramah dan jelas dalam menyampaikan prosedur perbaikan identitas dan administrasi yang diperlukan.

Baca juga: Cara Klaim Kacamata secara Gratis dengan Kartu BPJS Kesehatan

Winda sangat bersyukur biaya perawatan anaknya nya di rumah sakit bisa ditanggung sepenuhnya oleh Program JKN.

“Kalau harus dirawat sebagai pasien umum pasti biayanya akan besar. Syukurlah kami sudah terdaftar sebagai peserta JKN,” ungkapnya.

Di akhir kesempatan, Winda berharap ke depannya pelayanan yang diberikan bagi peserta JKN semakin prima. Ia pun berharap seluruh peserta JKN dapat dilayani dengan setara tanpa melihat jenis kepesertaannya atau siapa yang menjamin.

Ditemui secara terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Selong Gusti, Ngurah Catur Wiguna mengungkapkan untuk memastikan peserta JKN mendapatkan pelayanan yang baik, mudah, cepat dan setara merupakan komitmen BPJS Kesehatan. Di tahun 2023 ini BPJS Kesehatan turut mengajak seluruh mitra dan stakeholder terkait untuk bersama-sama menjaga mutu layanan bagi peserta JKN melalui transformasi mutu layanan.

Baca juga: Opa Jac Ajak Masyarakat Sadari Pentingnya Manfaat Program JKN dari BPJS Kesehatan

Selain itu, lanjut Catur, transformasi mutu layanan kepada peserta JKN terus kami tingkatkan. pihaknya dengan mengembangkan beragam inovasi untuk memberikan kemudahan akses bagi peserta JKN salah satu dengan terus memberikan layanan jemput bola ke tempat-tempat yang belum bisa tersentuh oleh pelayanan digital melalui kegiatan Mobile Customer Service (MCS).

“Untuk Layanan Digital Peserta JKN silahkan mengakses Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Assistant JKN (CHIKA) hingga Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA). Selain itu, kami juga memperhatikan kenyamanan dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai,” tutupnya. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini