News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilprs 2024

Mahfud MD Menyodok ke Posisi Teratas Cawapres Ganjar Versi Survei SPIN

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Nama Mahfud MD menempati posisi teratas dipilih publik menjadi calon wakil presiden Ganjar Pranowo berdasarkan hasil survei nasional SPIN (Survei dan Polling Indonesia) periode 29 September-7 Oktober 2023.

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nama Menko Polhukam Mahfud MD menempati posisi teratas dipilih publik menjadi calon wakil presiden Ganjar Pranowo berdasarkan hasil survei nasional SPIN (Survei dan Polling Indonesia) periode 29 September-7 Oktober 2023.

Mahfud mendapat keterpilihan 19,8 persen oleh publik. Disusul nama Sandiaga Uno 16,1 persen, eks Panglima TNI Andika Perkasa 11,9 persen, Khofifah Indar Parawansa 8,7 persen.

Kemudian di urutan kelima, ada nama putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka 6,4 persen, serta nama Tito Karnavian 4 persen.

"Bagi yang menjawab, menempatkan Mahfud di urutan ke-1, Sandiaga di posisi ke-2, dan Andika Perkasa di posisi ke-3," para Direktur SPIN, Igor Dirgantara memaparkan hasil surveinya secara daring, Kamis (12/10/2023).

Namun dalam simulasi ini, mereka yang menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab siapa cawapres yang pantas mendampingi Ganjar jumlahnya signifikan. Ada 33,1 persen yang mengaku tidak tahu atau tak menjawab.

"Mayoritas publik atau 33,1 persen menyatakan tidak tahu atau tidak jawab siapa pendamping Ganjar yang paling pantas," lanjut Igor.

Baca juga: Desakan Agar Firli Bahuri Mundur dari KPK Menguat, Mahfud MD: Ya Biarkan Saja

Survei dilakukan pada periode 29 September - 7 Oktober 2023, dengan jumlah responden 1.230 orang. Wilayah sampel tersebar secara proporsional pada 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Proporsi jenis kelamin responden yakni 50,9 persen laki-laki dan 49,1 persen perempuan.

Baca juga: Mahfud MD Kaji Pemberian Grasi Massal ke Terpidana Narkoba

Teknik pengambilan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung dengan bantuan kuesioner.

Margin of error sebesar 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 98 persen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini