News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Momen Luhut Binsar Pandjaitan Teteskan Air Mata usai Maruli Simanjuntak Dilantik Jokowi Sebagai KSAD

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan hadir dalam acara pelantikan Maruli Simanjuntak Sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Jakarta, Rabu, (29/11/2023). Luhut Binsar Pandjaitan yang merupakan mertua dari Maruli tampak menangis saat memberikan ucapan selamat kepada Maruli.

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan hadir dalam acara pelantikan Maruli Simanjuntak Sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Jakarta, Rabu, (29/11/2023).

Ada momen haru saat pelantikan Maruli oleh Presiden tersebut. Luhut Binsar Pandjaitan yang merupakan mertua dari Maruli tampak menangis saat memberikan ucapan selamat kepada Maruli.

Momen tersebut terjadi saat pelantikan telah selesai. Presiden dan tamu undang lainnya memberikan selamat kepada Maruli. Usai Presiden memberikan selamat, giliran Luhut yang memberikan ucapan selamat.

Baca juga: Ketua Komisi I DPR Nilai Letjen Maruli Simanjuntak Sosok Tepat Jadi KSAD

Maruli menghadap ke Luhut yang berada di sisi kirinya. Maruli memberikan hormat kepada mertuanya yang juga merupakan Purnawirawan Jenderal TNI tersebut. Luhut membalas hormat tersebut sambil tersenyum menghampiri Maruli.

Luhut lalu menampar pelan pipi kanan Maruli dan kemudian berpelukan. Luhut tampak menangis saat memeluk menantunya tersebut.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Letnan Jenderal (Letjen) Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023). Sebelumnya Maruli menjabat sebagai Panglima Kostrad (Pangkostrad).

Pelantikan ini didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 103/TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Baca juga: Letnan Jenderal Maruli Resmi Jadi KSAD, Begini Harapan Mahfud MD 

“Bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” ujar Presiden mendiktekan sumpah jabatan kepada Maruli.

Usai pengucapan sumpah jabatan, Presiden Jokowi dan Maruli menandatangani berita acara pelantikan KSAD disaksikan oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Maruli  dilantik menggantikan pendahulunya Jenderal TNI Agus Subiyanto yang dilantik menjadi Panglima TNI pada pekan lalu. Dengan pelantikan ini, Maruli memperoleh kenaikan pangkat satu tingkat dari Letnan Jenderal TNI menjadi Jenderal TNI.

Tampak hadir dalam acara pelantikan tersebut antara lain, Kepala Staf Angkatan Laut Muhammad Ali, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Mendagri Tito Karnavian, Menkoplhukam Mahfud Md, Menseskab Pramono Anung, Mensesneg Pratikno, dan Ketua Wantimpres Wiranto.

Selain itu hadir pula Wakil Ketua MPR Yandri Susanto, Syarif Hasan, dan Ketua Komisi 1 DPR Meutya Hafid.

Letjen Maruli Simanjuntak merupakan lulusan Akmil tahun 1992. Pria kelahiran Bandung 27 Februari 1970 tersebut berasal dari kecabangan Infanteri (Kopassus).

Sebelum menjabat Pangkostrad, Karir militer menantu Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan tersebut banyak di Kopassus serta Paspampres. Ia pernah menjabat sebagai Dan Grup 2/Para Komando, Asops Danjen Kopassus, sebelum kemudian menjabat Dan Grup A Paspampres dengan pangkat Kolonel pada 2014 saat awal Jokowi menjabat Presiden.

Baca juga: Presiden Jokowi Lantik Maruli Simanjuntak Sebagai KSAD TNI di Istana Presiden

Dari Dan Grup A, Maruli lalu dimutasi menjadi Danrem Warastatrama Surakarta, sebelum kemudian kembali lagi mengawal Jokowi menjadi Wadanpaspampres dan naik menjadi bintang satu atau Brigjen pada 2017 lalu.

Setelah itu Maruli menjabat Kasdam Diponegoro, lalu naik bintang dua atau Mayjen menjadi Komandan Paspampres. Jabatan Maruli mengawal orang nomor satu di Indonesia tersebut terbilang cukup lama. Maruli menjabat Danpaspampres dari 2018 hingga 2020.

Jabatan bintang dua Maruli kian lengkap setelah diberi kepercayaan memimpin Kodam IX Udayana meliputi daerah Provinsi Bali, Provinsi Nusa Tenggara Barat,dan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Setelah dua tahun menjabat Pangdam Udayana, Maruli naik Bintang tiga atau Letjen dengan jabatan Panglima Kostrad pada 2023 hingga sekarang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini