News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tiga Anggota MKMK Permanen Resmi Dilantik, Anwar Usman Kembali Menghilang

Penulis: Ibriza Fasti Ifhami
Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo memimpin pelantikan tiga anggota Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) permanen, Ridwan Mansyur, I Dewa Gede Palguna dan Yuliandri, di Gedung MK RI, Jakarta, Senin (8/1/2024). 

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) yang bersifat permanen resmi dilantik, pada Senin (8/1/2024).

Tiga tokoh, yakni Ridwan Mansyur dari unsur hakim konstitusi aktif, I Dewa Gede Palguna dari unsur Tokoh Masyarakat, dan Yuliandri dari unsur akademisi mengucap sumpah, disaksikan langsung Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo.

Pantauan Tribunnews.com, Ridwan Mansyur dan Yuliandri mengucap sumpah jabatan bersama-sama, didampingi rohaniawan agama Islam.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 serta menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap sumpah Ridwan dan Yuliandri, di Gedung II MKRI, Jakarta, pada Senin (8/1/2024).

Selanjutnya, baru giliran I Dewa Gede Palguna mengucap sumpah jabatan. Ia didampingi rohaniawan agama Hindu.

Setelah ketiganya mengucap sumpah jabatan, mereka melakukan penandatanganan Berita Acara Sumpah Jabatan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, 8 hakim konstitusi, kecuali Anwar Usman. Selain itu, hadir juga eks Ketua MKMK ad hoc Jimly Asshiddiqie dan eks Hakim MK Manahan MP Sitompul.

Sementara, mantan Ketua MK Anwar Usman, yang kini berstatus  hakim konstitusi, tampak menghadiri acara pelantikan anggota MKMK permanen ini.

Bukan kali ini saja Anwar Usman tak muncul dalam acara penting MK.

Sebelumnya, adik ipar Presiden Jokowi sekaligus paman dari Gibran Rakabuming Raka itu juga tak menghadiri pelantikan Suhartoyo sebagai Ketua MK.

Baca juga: Anwar Usman Harus Mundur agar 9 Hakim MK Bisa All Out Tangani Setumpuk Sengketa Pemilu 2024

Pantauan Tribunnews.com di Gedung II MKRI, hanya tampak 8 hakim konstitusi yang hadir.

Ketua MK Suhartoyo berada di bagian tengah sekaligus paling depan. Ia melantik para anggota MKMK. 

Adapun enam hakim lainnya berbaris menyamping di sayap kiri ruangan. Sedangkan satu hakim konstitusi, Ridwan Mansyur, berdiri di hadapan Ketua MK Suhartoyo. Ia menjadi salah satu anggota MKMK yang dilantik Senin siang ini.

Acara pengucapan sumpah jabatan MKMK yang bersifat permanen ini turut dihadiri eks Ketua MKMK sebelumnya, Jimly Asshiddiqie.

Hingga saat ini belum ada penjelasan dari Mahkamah Konstitusi mengenai ketidakhadiran Anwar Usman dalam acara pelantikan MKMK Permanen ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini