News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Rakernas PDI Perjuangan

Jokowi Tak Diundang ke Rakernas PDIP yang Dibuka Megawati, Pengamat: Ada Luka Mendalam

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggandeng Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat di acara Rapar Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (6/6/2023).

Laporan Wartawan Tribunnews.com Rahmat W Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah mengomentari tak diundangnya Jokowi pada Rakernas ke-V PDIP di Jakarta akhir pekan ini.

Menurut Dedi hal itu dikarenakan ada yang mendalam karena manuver Jokowi loloskan Gibran menjadi cawapres di Pilpres 2024.

"PDIP cukup banyak keluarkan statement yang nyatakan memang ada keretakan dengan Jokowi. Utamanya pasca manuver Jokowi usung dan upayakan Gibran lolos kontestasi," kata Dedi dihubungi Selasa (21/5/2024).

Menurutnya hal itu yang menancapkan luka yang mendalam bagi Megawati dan PDIP.

"Hal itu dipastikan membuat luka mendalam bagi Megawati dan PDIP, sehingga Jokowi sudah tidak lagi miliki tempat khusus di PDIP, termasuk dalam rakernas partai," jelasnya.

Diketahui tidak diundangnya Jokowi telah dikonfirmasi oleh Ketua Steering Committee (SC) Rakernas ke-V PDIP, Djarot Syaiful Hidayat.

Ia mengatakan Jokowi-Ma'ruf tak diundang karena menyibukkan diri.

"Yang jelas presiden dan wakil presiden tidak diundang. Kenapa? Karena beliau sangat sibuk dan menyibukkan diri," kata Djarot di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Kamis lalu (16/5/2024).

Djarot menyebut Rakernas V PDIP hanya dihadiri kader dan anggota partai besutan Megawati Soekarnoputri itu.

"Jadi ini hanya internal PDIP, pesertanya internal PDIP," tutur Djarot.

Sementara itu Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming menyebut akan menghadiri Rakernas ke-V PDIP bila diundang. Ia sendiri mengaku belum tahu apakah diundang atau tidak.

“Coba nanti saya lihat ya undangannya sudah sampai apa belum. Insya Allah datang kalau ada undangannya,” ucap Gibran, Senin kemarin.

Rakernas ke-V PDIP sendiri akan digelar di Beach City International, Ancol, Jakarta pada 24 sampai 26 Mei 2024.

Baca juga: 5 Komentar Tanggapi Jokowi Tak Diundang ke Rakernas PDIP, Masinton ke Gibran: Undangan Belum Dicetak

Rakernas ini bertemakan Satya Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang dengan sub temanya adalah Kekuatan Persatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini