News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Perbaikan Mutu Pelajaran & Hasil Belajar, Para Siswa Madrasah akan Diikutsertakan AKMI 2024

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kementerian Agama akan menggelar Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) sebagai tes diagnostik bagi siswa madrasah pada Agustus mendatang. Foto konferensi pers penyelenggaraan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) oleh Kementerian Agama.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Agama akan menggelar Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) sebagai tes diagnostik bagi siswa madrasah pada Agustus mendatang.

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kemenag M Sidik Sisdiyanto mengatakan AKMI bertujuan menghimpun informasi akurat terkait dengan kompetensi literasi siswa madrasah.

Baca juga: Asesmen Kompetensi Guru Madrasah, Kemenag: Guru Unsur Penting Dalam Pendidikan

Menurut Sidik, tes diagnostik tersebut dapat berdampak pada perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

"Jadi tes diagnostik di sini juga berguna memetakan capaian kompetensi literasi bukan mengukur capaian kompetensi peserta didik dalam mata pelajaran tertentu. Selain itu, juga memetakan level kemahiran peserta didik," kata Sidik melalui keterangan tertulis, Jumat (5/7/2024).

Sidik menuturkan setidaknya ada empat kompetensi literasi yang akan diuji dalam AKMI 2024 yakni literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial budaya.

"AKMI 2024 dirancang untuk memetakan kemampuan literasi, bukan mengukur capaian kompetensi peserta didik dalam mata pelajaran tertentu," kata Sidik.

Baca juga: PPDB Madrasah DKI Jakarta 2024: Cara Daftar dan Memilih MIN, MTsN dan MAN Jalur Zonasi

AKMI, kata Sidik, tidak merujuk pada tingkat keberhasilan atau kegagalan suatu mata pelajaran.

Dia mengatakan AKMI akan merujuk pada seberapa tinggi tingkat kemampuan literasi peserta didik.

"Apa gunanya? yaitu untuk mendukung keberhasilan mereka dalam belajar dan dalam memecahkan persoalan yang dihadapi," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini