News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Optimalkan Komunikasi Publik, Humas Lembaga Pemerintahan Perlu Adopsi AI Generatif

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Adopsi terhadap teknologi kecerdasan buatan generatif atau AI generatif kini makin meluas hingga sektor pemerintahan. Para praktisi humas pemerintah dapat memanfaatkan AI generati secara optimal dan menjadi solusi bagaimana kita men-delivery pesan.

Laporan Wartawan Tribunnews.com Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Adopsi terhadap teknologi kecerdasan buatan generatif atau AI generatif kini makin meluas hingga sektor pemerintahan.

Para praktisi humas pemerintah dapat memanfaatkan AI generati secara optimal dan menjadi solusi bagaimana kita men-delivery pesan.

"Seperti pesan Presiden Joko Widodo, mari kita ciptakan ekosistem AI dalam praktik humas yang efektif aman dan inklusif sehingga mampu memberdayakan masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia,” ujar Prof Widodo Muktiyo, staf khusus Kementerian Kominfo di acara webinar nasional bertajuk “Artificial Intelligence: A New Landscape for Government Public Relations" yang diselenggarakan GPR Institute di Jakarta, Rabu 17 Juli 2024.

Webinar ini menghadirkan pembicara Dr.Eng. Sunu Wibirama, pakar AI dari Universitas Gadjah Mada dan H. Muhammad Faisal, Ketua Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi).

Baca juga: Ajari Technologies Kenalkan Sistem Manajemen Pembelajaran Berbasis AI

Direktur GPR Institute, Arief Munajad menyinggung homeless media yang makin marak mendominasi platform sosial media, seperti Instagram.

Fenomena ini ditandai oleh kemunculan akun-akun dan membagikan konten layaknya sebuah kantor berita yang membagikan beragam informasi dan peristiwa di masyarakat dengan memanfaatkan platform media sosial.

“Media jenis ini ini tidak bergantung pada situs web tradisional melainkan mengksplorasi kreativitas dan daya tarik untuk menjangkau masyarakat melalui kecepatan informasi yang disampaikan dan menjadi tantangan tersendiri bagi pranata humas yang tengah berhadapan dengan cepatnya perkembangan Artificial Intelligence (AI) sekarang ini,” ujar Arief.

Acara webinar juga disertai dengan e-awarding ceremony Top GPR Award 2024.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim dan Gubernur Jambi Al Haris menerima anugerah Top GPR Figure Award 2024 yang diselenggarakan GPR Institute, 

Ajang ini juga memberikan anugerah penghargaan Top GPR Figure Award 2024 kepada tiga tokoh pemerintahan, yaitu R. Rhina Anita Margono, kepala biro humas Kominfo RI, Anang Ristanto, kepala biro kerja sama dan hubungan masyarakat Kemendikbudristek, dan Ariansyah Kadis Kominfo Pemprov Jambi.

Sementara apresiasi 4th Top GPR Award 2024 diberikan kepada Kementerian Kominfo, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian ATR/BPN, Badan Narkotika Nasional, Pemerintah Provinsi Jambi, dan Universitas Indonesia.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini