News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pusat Data Nasional

Kominfo Libatkan Ahli Cyber Security asal Indonesia yang Kerja di Luar Negeri Berantas Hacker

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Endra Kurniawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ILUSTRASI - Ramai kejadian pencurian data oleh hacker beberapa minggu lalu maka diperlukan pencegahan serangan siber agar tidak terjadi hal serupa

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ramai kejadian pencurian data oleh hacker beberapa minggu lalu, Menteri Komunikasi dan Informasi, Budi Arie memanggil ahli cyber security langsung dari Apple, Edwin Permana ke Jakarta belum lama ini.

Edwin Permana dipanggil oleh Budi Arie dalam rangka menyatukan solusi dan pencegahan serangan siber agar tidak terjadi hal serupa.

“Komplotan hacker-nya sudah dibereskan semua oleh Kominfo," kata Edwin, saat ditanya pada kunjungannya di Kominfo Jakarta belum lama ini.

Edwin Permana, atau biasa dipanggil Mr E adalah orang Indonesia yang sudah 30 tahun berkarir sebagai ahli cyber security di beberapa perusahaan teknologi ternama seperti IBM, Paypal, Oracle, dan eBay.

Sebelumnya nama beliau memang jarang terdengar karena selama ini tinggal di Amerika sejak awal berkarir di IBM.

Kini Edwin berkarir sebagai Head of Business Development & Infrastructure Engineer di Apple.

Ke depannya, Edwin akan banyak berkontribusi dan terlibat dalam keamanan data di Indonesia.

Baca juga: Jokowi Perintahkan Audit, DPR Ungkap Keparahan Rusaknya Data Pusat Nasional Akibat Hacker

Sebagai ahli cyber security, Edwin juga sedang mengajak anak-anak muda yang ahli di bidang IT untuk belajar langsung dengan beliau dalam Sekolah Hacker yang akan diadakan di Jakarta tanggal 27 Juli besok.

“Kelas ini untuk memperbanyak ahli cyber security di Indonesia dengan standar keamanan lebih tinggi, yang ini bisa diikuti oleh semua level, baik pemula maupun professional,”kata Edwin.

Sekolah Hacker juga didukung penuh oleh Kominfo dalam tujuan untuk meningkatkan awareness semua orang terhadap keamanan data.

Catatan Redaksi:

Berita ini telah mendapatan tambahan atau diperbaharui :

Berdasarkan situs resmi apple.com, tidak ditemukan nama Edwin Permana sebagai bagian dari kepemimpinan Apple.

Sehingga terjadi pergantian judul berita dari yang sebelumnya : Kominfo Libatkan Ahli Cyber Security asal Indonesia yang Kerja di Apple untuk Berantas Hacker

Informasi mengenai kelas Sekolah Hacker juga tidak tersedia di Newsroom Apple sebagai sumber informasi resmi dari Apple.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini