News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Sampaikan Pernyataan Sikap, Blok Politik Pelajar Merdeka Gelar Musyawarah Besar di Gedung Juang

Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pelajar dari sejumlah sekolah menengah atas (SMA) dari sejumlah wilayah di Jabodetabek menggelar musyawarah besar (Mubes) yang diselenggarakan di Gedung Juang, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 3 Agustus, sore.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Blok Politik Pelajar Merdeka (BPPM) yang berasal dari sejumlah sekolah menengah atas (SMA) dari sejumlah wilayah di Jabodetabek menggelar musyawarah besar (Mubes) yang diselenggarakan di Gedung Juang, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (3/8/2024).

Kegiatan Mubes ini mengusung tema peningkatan pelajar yang aktif, inovatif dan kontributif guna menciptakan pelajar yang berpotensi dalam berpolitik.

Dalam kegiatan ini, pengisi materi berasal dari perwakilan Kementerian dalam negeri, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Agama. Selain diajarkan berbangsa dan berpolitik, para pelajar ini juga diberikan ilmu pengetahuan tentang keagamaan.

"Saya berharap blok pelajar politik merdeka ini bukan hanya di ajarkan bagaimana caranya berpolitik tapi bagaimana mereka di ajarkan isu-isu kebangsaan," kata Asdep Organisasi Kepemudaan dan Kepramukaan Kemenpora, Amar Ahmad kepada wartawan.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat mendukung program pemerintah menuju Indonesia emas tahun 2045 yang sedang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia.

Selanjutnya untuk mengubah mindset melalui penguatan nilai-nilai karakter bangsa dan etika serta menanamkan rasa cinta tanah air kepada generasi muda.

"Mereka juga diajarkan bagaimana berpartisipasi dalam pembangunan sekaligus di isi akhlaknya, kita harapkan ini akhlaknya bagus, IQ nya bagus dan mereka juga mampu memahami isu-isu kebangsaan baik di tingkat level nasional dan global," ujarnya.

Sementara Ketua Blok Politik Pelajar Merdeka (BPPM), Vesya Lendongan berharap, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi kalangan pelajar dalam bidang wawasan ilmu politik.

"Agar menjadi pelajar yang aktif dan inovatif dalam hal positif. Pelajar se-Jabodetabek juga berharap adanya peningkatan pengetahuan yang didapat para pelajar dan kedepannya banyak pelajar yang mengikuti acara berikutnya," tambah Vesya.

Dalam kegiatan tersebut, BPPM juga menyatakan sikap akan menjujung nilai persatuan dan kesatuan antar pelajar guna untuk kemajuan anak bangsa.

"BPPM akan menjadikan blok politik pelajar merdeka sebagai wadah yang aktif, inovatif dan kontributif untuk kepentingan bangsa dan negara," katanya.

BPPM juga berkomitmen secara tegas dan nyata menjadi kan pancasila sebagai ideologis bangsa serta bhineka tunggal ika sebagai bentuk persatuan antar pelajar tanpa adanya perbedaan suku, ras dan agama.

Baca juga: Beasiswa Pendidikan Pemimpin Indonesia bagi Pelajar SMA-S2, Total Bantuan Rp 12 Juta

Selain mengadakan musyawarah besar dan pernyataan sikap, acara ini juga disusul dengan adanya pemilihan calon ketua baru dari Blok Pelajar Politik Merdeka untuk periode berikutnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini