News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Resmi Dideklarasikan Pensiunan TNI, Karo Foundation Genjot Persediaan Air Bersih di Kota Kabanjahe

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Mayjen TNI (Purn) Musa Bangun saat memukul gong sebagai tanda mendeklarasikan organisasi Karo Foundation di Hotel Ritz Charlon, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (15/9/2024)

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahmi Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mayjen TNI (Purn) Musa Bangun menyebut bahwa pihaknya melalui Karo Foundation bakal meningkatkan persediaan air bersih di Kota Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara yang selama ini dinilai cukup sulit didapatkan masyarakat.

Adapun hal itu ia ungkapkan usai menggelar deklarasi Karo Foundation yang dimana dirinya menjabat sebagai Ketua Umum organisasi yang berisikan masyarakat Karo Sumatera Utara tersebut.

Musa menjelaskan bahwa persediaan air bersih di kota tersebut dianggapnya memang masih sulit. Hal itu dibuktikan dengan keterangan yang diutarakan oleh Kepala PDAM Kabanjahe.

"Karena kemarin kita undang Kepala PDAM Kabanjahe dia menjelaskan bahwa memang Kota Kabanjahe sampai hari ini jaringan air maupun sumber masih dari jaman Belanda," kata Musa di Hotel Ritz Charlon, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (15/9/2024).

Imbasnya sampai saat ini dua per tiga masyarakat Kabanjahe kata dia masih kesulitan mendapatkan air bersih akibat keadaan tersebut.

Oleh sebabnya ia pun bertekad akan merealiasikan rencananya tersebut salah satunya dengan menggandeng peran Kepala PDAM Kabanjahe yang ia maksud.

"Iya akan kolaborasi. Sementara dia punya pengalaman sudah membangun beberapa PDAM swasta yang mampu melayani PDAM Pemerintah gitu dengan harga yang mampu melayani," jelasnya.

"Jadi kita pikir untuk mempercepat daripada menunggu program pemerintah kalau kita (Karo) Foundation ini bisa membantu pemerintah daerah, kenapa tidak. Kita akan melakukan itu," tambahnya.

Sekilas Tentang Karo Foundation

Sementara itu sebagai informasi, Karo Foundation sendiri merupakan organisasi yang berisikan sejumlah masyarakat asli tanah Karo Sumatera Utara.

Deklarasi ini pun dijelaskan Musa Bangun ditujukan atas dasar keterpanggilan warga asli Karo yang saat ini tersebar di beberapa daerah seperti Jakarta, Medan dan kota-kota besar lainnya.

Para diaspora warga Karo ini menurut Musa penting dilibatkan untuk turut terlibat dalam pembangunan daerah asal.

"Kita memang di Jakarta, tapi umumnya diaspora ini mempunyai kemampuan lebih baik pastinya, minimal punya jaringan, punya networking yang mungkin bisa menjadi fasilitator untuk kepentingan pembangunan daerah," ungkapnya.

Selain itu dijelaskan pensiunan TNI tersebut pembangunan yang ia maksud memiliki dimensi yang cukup luas, baik dari segi budaya maupun adat istiadat.

Yang dimana menurut dia, selain mengharapkan peran pemerintah daerah, anggota-anggotanya juga diharapkan mampu menyerap hal itu semua untuk pembangunan daerah.

"Itu tadi butuh fasilitator butuh menjembatani dengan pihak lain dengan investor dengan pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat, intinya itu," pungkasnya.

Baca juga: Curhat Puan Soal Sulitnya Dapatkan Air Bersih di IKN, Menteri PUPR Tanggapi Begini

Berikut adalah susunan petinggi daripada Karo Foundation;

• Ketua Umum: Mayjen TNI (Purn) Musa Bangun
• Ketua Dewan Pengawas: Irjen Pol (Purn) Drs Tabana Bangun
• Ketua Dewan Pembina: Barata Sembiring Barahmana
• Sekertaris Umum: Analgin Ginting
• Ketua Harian: Miko Ginting (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini