News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Momen Satgas HABEMA TNI Temui Anak Kampung Muara Saat Jelajahi Perbatasan RI-PNG di Yahukimo

Penulis: Gita Irawan
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) 6 Marinir yang bagian dari Komando Operasi HABEMA TNI di Papua menemui anak-anak di Kampung Muata Distrik Dekai pada Selasa (24/9/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) 6 Marinir yang bagian dari Komando Operasi HABEMA TNI di Papua menjelajahi pelosok Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan pada Selasa (24/9/2024).

Kegiatan itu digelar dalam rangka melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan Mobil RI-PNG.

Dalam kegiatan itu Satgas Yonif 6 Marinir Pos Bravo yang dipimpin Letda Mar Alter menemui anak-anak di Kampung Muata Distrik Dekai pada Selasa (24/9/2024).

Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) 6 Marinir yang bagian dari Komando Operasi HABEMA TNI di Papua menemui anak-anak di Kampung Muata Distrik Dekai pada Selasa (24/9/2024). (HandOut/IST)

Kegiatan yang mereka sebut sebagai komunikasi sosial (komsos) itu dilakukan sambil melaksanakan patroli pengamanan wilayah.

Tampak dalam foto-foto yang diterima, para prajurit TNI bersenjata dan berpelindung diri lengkap tengah mengenakan kaos kepada anak-anak di sebuah jalan.

Di bahu lengan kiri prajurit tersebut juga terdapat emblem palang merah.

Tampak beberapa anak juga mengerumuni para prajurit TNI tersebut.

Komandan Komandan Satgas Yonif 6 Marinir Letkol Mar Rismanto Manurung menekankan pentingnya perhatian Satgas kepada kebutuhan dasar masyarakat di sekitar Pos.

Oleh sebab itu, kata dia, para Prajurit TNI memanfaatkan patroli pengamanan wilayah melalui interaksi dan komunikasi dengan anak-anak Kampung Muara.

Dalam kegiatan itu, para pendamping anak-anak mengatakan situasi keamanan di wilayah Kampung Muara relatif aman dan kondusif. 

Panglima HABEMA Brigjen TNI Lucky Avianto mengatakan kegiatan itu dilakukan dalam rangka mendukung upaya percepatan pembangunan di wilayah Papua.

"Inisiatif Satgas Yonif 6 Marinir melaksanakan Komsos dengan anak-anak di Kampung Muara, merupakan wujud pelaksanaan tugas TNI melakukan komunikasi sosial inklusif dengan seluruh pihak di Daerah Tugas, dalam rangka mendukung upaya percepatan pembangunan di wilayah Papua," kata Lucky dalam keterangan tertulis pada Selasa (24/9/2024).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini