News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Saat Jokowi dan Prabowo Nonton Kekuatan Armada Tempur Laut Indonesia di Perairan Jakarta

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Erik S
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto menyaksikan Sailing pass dan Fly Pas  atau parade alat utama sistem senjata (alutsista) di perairan Jakarta dari atas KRI dr. Radjiman Widyodiningrat-992, pada Sabtu, (28/9/2024)

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto menyaksikan Sailing pass dan Fly Pas  atau parade alat utama sistem senjata (alutsista) di atas KRI dr. Radjiman Widyodiningrat-992, pada Sabtu, (28/9/2024).

Sebelum menyaksikan parade, Presiden terlebih dahulu mendapat brevet Hiu Kencana dari TNI AL. Selain itu Presiden juga menganugerahkan Tanda Kehormatan Samkaryanugraha kepada Satuan Kapal Selam (Satsel) KRI Nanggala 402 TNI Angkatan Laut.

Dalam menyaksikan parade tersebut Presiden duduk bersebalahan dengan Prabowo. Keduanya tampak berbincang sambil menyaksikan kekuatan armada laut Indonesia.

Baca juga: 100 Ribu Prajurit Akan Dikerahkan Saat HUT Ke-79 TNI di Monas, Ada Pawai Alutsista Sepanjang 4 Km

Lokasi parade sendiri berada di tengah perairan Jakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit dari Malo Kolinlamil, Jakarta Utara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto menyaksikan Sailing pass dan Fly Pas  atau parade alat utama sistem senjata (alutsista) di perairan Jakarta dari atas KRI dr. Radjiman Widyodiningrat-992, pada Sabtu, (28/9/2024) (Tribunnews/Taufik Ismail)

Dalam menyaksikan parade, Presiden dan Prabowo juga sesekali mendapat penjelasan dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali mengenai kapal tempur yang melintas. Presiden dan Prabowo juga sesekali berdiri menerima hormat dari kru kapal tempur TNI AL yang melintas.

Pantauan Tribunnews, Jokowi dan Prabowo juga tampak beberapa kali menggunakan binokukar atau teropong melihat aksi pesawat dan kapal TNI AL. Keduanya tampak memberikan apresiasi terhadap aksi unjuk kecakapan armada tersebut.

Laksamana Muhammad Ali mengatakan terdapat 55 kapal laut dari berbagai jenis yang mengikuti Sailing Pass. Selain itu juga ada 25 pesawat yang mengikuti Fly Pass. Kapal yang mengikuti parade diantaranya Kapal Selam KRI Cakra (401), KRI Alugoro (405), KRI Ahmad Yani (351), KRI Yos Sudarso (353), dan lainnya.


"Dan ini menampilkan juga kehadiran dari pasukan-pasukan khusus yang diterjunkan, baik dari Kopaska maupun dari Taifib Marinir," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini