News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dewan Perwakilan Rakyat

Dibaiat Cak Imin, 68 Anggota DPR RI Terpilih Dari PKB Ucapkan Sumpah dan Janji

Penulis: Reza Deni
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Suasana pembaiatan 68 anggota DPR RI fraksi PKB oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (30/9/2024).

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) Partai Kebangkiran Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin memimpin pengucapan sumpah dan janji atau baiat 68 anggota DPR RI terpilih dari PKB.

Pengucapan sumpah dan janji para legislator DPR RI itu dilakukan di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat.

"Malam hari ini kita bersama-sama membangun komitmen dan janji untuk diri kita sendiri pada Allah SWT untuk seluruh umat manusia, dan khususnya untuk bangsa Indonesia," ujar Cak Imin, Senin (30/9/2024) malam.

Sebanyak 68 calon anggota legislatif DPR tersebut menyalakan lilin dan mengikuti setiap perkataan Cak Imin.

"Baiat biasanya dengan kalimat kontrak yang membaiat, menyatakan saya membaiat Anda, yang dibaiat jawab 'saya terbaiat, artinya saya berjanji dan saya bersumpah'," ujar Cak Imin memimpin sumpah janji.

Baca juga: 580 Anggota DPR RI Periode 2024-2029 Dilantik Tepat di Hari Kesaktian Pancasila

Berikut isi sumpah dan janji para anggota DPR RI terpilih dari PKB:

Saya, anggota Fraksi PKB DPR RI dengan ini berbaiat, bersumpah dan berjanji satu setia kepada Pancasila sebagai dasar negara dan teguh menjaga NKRI dalam setiap langkah dan kebijakan

Setia kepada ideologi politik rahmatanlilalamin dan memperjuangkan visi serta misi PKB dalam setiap langkah politik. 

Saya berjanji dan berkomitmen untuk menegakkan disiplin PKB menjaga soliditas serta patuh dan setia kepada Ketum DPP PKB sebagai mandataris tunggal Muktamar PKB, serta tidak akan pernah melakukan pengkhianatan dalam bentuk apapun. 

Baca juga: Sosok Zulfikar Achmad, Anggota DPR Tertua Periode 2024-2029, Pernah Jadi Bupati Dua Periode

Saya berjanji dan berkomitmen untuk bekerja dengan penuh profesionalisme berintegritas dan efektif dalam menjalankan tugas tugas sebagai wakil rakyat. 

Saya berjanji dan berkomitmen untuk mendengarkan memperjuangkan dan memastikan aspriasi dan kepentingan rakyat serta konstituen yang saya wakili secara sungguh-sungguh dan penuh keadilan dalam menjalnkan tugas tugas sebagai anggota DPR.

Demikian baiat sumpah dan janji saya. Disaksikan Tuhan Yang Maha Kuasa dengan harapan Tuhan senantiasa memberi kekuatan agar saya dapat menepatinya dengan sungguh-sungguh. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini