News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemerintahan Jokowi Berakhir

Hari-hari Terakhir Jokowi Jabat Presiden: Cek Harga Sembako di Pasar Alor NTT hingga Sapa Warga

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Pasar Rakyat LIPA Kalabahi, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Kamis (3/10/2024.

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Pasar Rakyat LIPA Kalabahi, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Kamis (3/10/2024. Presiden memantau langsung kondisi pasar dan harga sembako.

Dalam kunjungannya, Kepala Negara berdialog dengan para pedagang dan masyarakat, serta mengecek harga sejumlah kebutuhan pokok yang menjadi perhatian utama.

Dalam keterangannya kepada awak media, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa secara umum harga sembako di Pasar Rakyat LIPA berada pada tingkat yang stabil meskipun ada sedikit perbedaan dibandingkan harga di Pulau Jawa.

"Tadi di pasar saya cek harga, utamanya yang berkaitan dengan sembilan bahan pokok. Harganya baik, meskipun lebih tinggi dari di Jawa karena mungkin ada tambahan biaya transportasi. Namun, saya kira masih pada posisi stabil, wajar," ujar Presiden.

Beberapa komoditas yang diperiksa Presiden di antaranya adalah bawang putih, bawang merah, dan cabai. Presiden menjelaskan bahwa harga bawang putih di pasar tersebut mencapai Rp55 ribu per kilogram, bawang merah Rp50 ribu, dan cabai Rp50 ribu.

"Saya kira ini masih baik," tambahnya.

Baca juga: Intip Mobil Mewah Anggota Baru DPR di Senayan: Rubicon, Mercy hingga Ionic 6, Geng Artis Bawa Ini

Selain memantau harga, Presiden juga menyempatkan diri berbincang dengan para pedagang terkait kondisi usaha mereka serta kendala yang dihadapi, terutama terkait logistik dan transportasi.

Tidak hanya para pedagang, masyarakat turut antusias menyambut kehadiran Presiden di pasar. Mereka berharap agar pemerintah terus memperhatikan kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah timur Indonesia.

"Senang sekali, dari 2 periode hanya 1 kali datang tapi merasa bangga sekali karena infrastrukturnya sangat merata di seluruh Indonesia. Pak Jokowi sehat selalu, panjang umur," tutur Ismail salah seorang warga yang ada di pasar.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kali ini adalah Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Pj Gubernur NTT Andriko Noto Susanto, dan Pj Bupati Alor Zet Sony Libing.

Sekadar informasi, Joko Widodo atau lebih dikenal sebagai Jokowi akan lengser dari jabatannya sebagai Presiden RI setelah dua periode (2014-2019 dan 2019-2024) atau 10 tahun menjabat.

Setelahnya etstafet pemerintahan Indonesia akan beralih ke Presiden terpilih RI hasil Pemilu 2024, Prabowo Subianto.

Prabowo Subianto sendiri bakal dilantik sebagai Presiden RI periode 2024-2029 pada 20 Oktober 2024.

Baca juga: Megawati Akan Masak Nasi Goreng Khusus untuk Prabowo saat Bertemu, Puan: Pak Prabowo Sangat Suka

Di pengujung masa jabatannya sebagai Presiden RI, Jokowi melakukan sejumlah kegiatan selama beberapa hari kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak 1 Oktober 2024.

Di antaranya meresmikan Bendungan Temef, meresmikan pembangunan dan perbaikan 27 ruas jalan sepanjang 217 kilometer, meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Napan, mengunjungi beberapa pasar seperti Pasar Rakyat Kefamenanu guna mengecek harga serta ketersediaan bahan pokok, hingga mengunjungi rumah sakit umum daerah (RSUD).

Kedatangan Jokowi di pengujung masa jabatannya sebagai Presiden RI di NTT disambut antusias ribuan warga.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini