News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dewan Perwakilan Rakyat

Putri Zulkifli Hasan Resmi Ditunjuk Jadi Ketua Fraksi PAN DPR RI

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Putri Zulkifli Hasan, resmi ditunjuk sebagai Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) untuk periode 2024-2029. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Putri Zulkifli Hasan, resmi ditunjuk sebagai Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) untuk periode 2024-2029. 

Pengangkatan ini diumumkan melalui Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat PAN tentang Pimpinan Fraksi Partai Amanat Nasional Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Periode 2024-2029.

Penunjukan Putri Zulkifli Hasan ini menjadi peristiwa penting, karena ia merupakan satu-satunya perempuan yang menduduki posisi Ketua Fraksi dalam DPR RI periode ini. 

Sebagai sosok yang dikenal memperjuangkan hak-hak perempuan, anak, dan UMKM, kehadiran Putri di posisi strategis ini diharapkan membawa membawa dampak positif dalam kancah legislatif nasional.

"Saya merasa sangat terhormat dan bersyukur atas kepercayaan yang diberikan oleh partai. Ini merupakan tanggung jawab yang besar, namun dengan dukungan penuh dari rekan-rekan, kami akan bekerja keras untuk menyuarakan aspirasi rakyat" kata Putri, kepada wartawan Kamis (3/10/2024).

Putri menggantikan Saleh Partaonan Daulay, yang memimpin Fraksi PAN DPR RI periode 2019-2024. 

Kepemimpinan baru ini diharapkan akan membawa semangat baru, khususnya dalam menghadapi tantangan legislasi di masa depan, terutama di tengah transisi pemerintahan saat ini.

Selain mengemban amanah besar sebagai Ketua Fraksi, Putri akan dibantu oleh sejumlah wakil ketua, sekretaris, dan bendahara yang berkompeten di bidangnya masing-masing. 

Penunjukan Putri Zulkifli Hasan juga merupakan bukti nyata bahwa PAN terus memberikan ruang bagi perempuan untuk mengambil peran penting dalam dunia politik. 

Sebagai satu-satunya perempuan yang menjabat sebagai Ketua Fraksi dalam DPR RI periode ini, Putri diharapkan mampu menjadi panutan bagi perempuan Indonesia lainnya untuk berani terjun dan berkontribusi dalam pengambilan keputusan publik.

Sementara itu, Sekretaris Fraksi PAN dijabat oleh Ahmad Najib Qodratullah, dan Widya Pratiwi sebagai bendahara Fraksi PAN.

Diketahui, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menggelar Rapat Paripurna, dengan agenda penetapan pimpinan DPR, pada Selasa (1/10/2024).

Pada rapat itu, turut disahkan susunan fraksi partai politik yang ada di DPR RI.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini