News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mensos Gus Ipul Serahkan Bantuan Rp 29 Miliar kepada Masyarakat Rentan dan Miskin di Kota Ambon

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Sosial Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyerahkan bantuan Rp 29.884.920.800 kepada masyarakat miskin dan rentan di Kota Ambon, Provinsi Maluku. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Sosial Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyerahkan bantuan Rp 29.884.920.800 kepada masyarakat miskin dan rentan di Kota Ambon, Provinsi Maluku. 

Bantuan yang diserahkan terdiri dari bantuan PKH, bantuan sembako, bantuan yatim piatu (YAPI), dan bantuan ahli waris korban bencana. 

Baca juga: Jadi Mensos, Gus Ipul Ingin Fokus Lakukan Transisi Kemensos di Masa Jabatannya yang Hanya Sebulan

Selain itu ada juga 121 paket bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) berupa paket nutrisi, 31 unit alat bantu disabilitas (kursi roda, tongkat, kruk dan walker; 2 armada penangkapan ikan kepada kelompok nelayan, serta bantuan bufferstock kesiapsiagaan penanganan bencana. 

Bantuan langsung diserahkan secara simbolis oleh Menteri Sosial Gus Ipul kepada Pj Gubernur Maluku Sadali, di Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Maluku. 

"Lebih dari Rp 29 miliar ini untuk Kota Ambon," kata Gus Ipul melalui keterangan tertulis, Jumat (4/10/2024).

Upaya peningkatan kesejahteraan sosial di Ambon ini, kata Gus Ipul, merupakan mandat dari presiden kepada Kementerian Sosial. 

"Salah satunya adalah hari ini kita saksikan dalam bentuk bantuan rehabilitasi sosial dan juga dalam rangka pemberdayaan sosial," katanya. 

Menurut Gus Ipul, program-program dari Kemensos ini ditujukan kepada masyarakat yang dianggap memerlukan dukungan dan fasilitasi dari Pemerintah.

Baca juga: Bansos PKH Tahap 4 Cair Mulai Oktober 2024, Cek Penerima di cekbansos.kemensos.go.id

Program pemberdayaan, kata Gus Ipul dapat dilakukan melalui pendampingan, pendidikan, kesehatan, dan fasilitas alat bantu untuk penyandang disabilitas. 

"Ketika berdaya, akan meningkat kesejahteraannya," ujar Gus Ipul.

Gus Ipul juga menekankan kepada Pemerintah Daerah Kota Ambon untuk melakukan update data terkait pengajuan PBI dalam mendukung visi misi dari Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini