News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Stafsus Presiden Diaz Hendropriyono Ingatkan Krisis Iklim Sebabkan Kepunahan Umat Manusia

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Staf Khusus Presiden RI, Diaz Hendropriyono, pada peluncuran film dokumenter berjudul ‘Dangerous Humans: Towards Zero eMissions?”.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Staf Khusus Presiden RI, Diaz Hendropriyono, mengingatkan pentingnya manusia menjaga kelestarian lingkungan.

Pesan tersebut disampaikan Diaz pada film dokumenter berjudul ‘Dangerous Humans: Towards Zero eMissions?”.

Dalam film tersebut, Diaz menyampaikan bahwa krisis iklim akan menyebabkan punahnya kehidupan manusia di Bumi ini, kecuali gaya hidup kita berubah menjadi lebih ramah lingkungan.

“Pada akhir buku itu saya tanya dengan penjelasan mengenai climate change, global warming, kita ini sebenarnya sedang ada di persimpangan jalan, teman-teman mau ke arah mana? Mau ke arah Indonesia net zero emissions atau kita menuju ke arah tanpa atau zero ecological missions?”, ujar Diaz melalui keterangan tertulis, Jumat (4/10/2024).

Film ini sendiri berdurasi kurang lebih satu jam dan menampilkan ratusan EcoPreneurs dari berbagai daerah di Indonesia.

Gerakan ini, menurut Diaz, harus didorong dan dibantu oleh masyarakat luas agar inovasi-inovasi produk ramah lingkungannya dapat membantu upaya mengurangi emisi Gas Rumah Kaca.

Produksi film ini dibantu oleh selebritas, Deddy Corbuzier. Dalam kesempatan tersebut, Deddy mengaku tertarik ikut andil karena merasa terpanggil dan ingin menyuarakan mengenai bahaya dari pemanasan global dan perubahan iklim.

"Yang jadi masalah adalah di zaman sekarang buku setebal itu dengan isi yang luar biasa seperti itu, saya tidak yakin anak-anak zaman sekarang punya attention attached selama itu untuk membaca buku. Jadi idenya adalah bagaimana kalau bukunya kita filmkan karena kalau nanti kita filmkan attentionnya lebih lama," ucapnya.

Sebelumnya, acara tersebut juga menampilkan diskusi panel bedah buku yang menjadi dasar dari pembuatan film ini.

Buku dengan judul sama dengan film tersebut telah diluncurkan tahun lalu, tepatnya November 2023.

Film dokumenter ini akan ditayangkan secara serentak pada 4 Oktober 2024 dapat diakses melalui laman Youtube.

Diskusi panel tersebut dimoderatori oleh Cazadira Fediva Tamzil selaku Head of Public Policy Pijar Foundation dan menampilkan lima perwakilan EcoPreneurs dari berbagai sektor, yaitu Kevin Pudjiadi dari Casion, Helga Angelina dari Green Rebel Foods, Bob Effendi dari Thorcon Power Indonesia, Juan Apriliano dari Plana serta Tommy Tjiptadjaja dari Greenhope Indonesia.

Baca juga: Stafsus Presiden Diaz Hendropriyono Usul Bentuk Kementerian Ekologi Pada Pemerintahan Baru di 2024

Tommy apresiasi Diaz dan teman-teman EcoPreneurs yang terus memperjuangkan kelestarian lingkungan dalam mengembangkan bisnis mereka, “Terima kasih Mas Diaz atas dukungannya terhadap kami-kami ecopreneur. Saya rasa buat kita semua beliau adalah Father of Ecopreneurs”.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini