News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Adopsi Aset Digital Makin Kencang, Vietnam Rilis Regulasi Cryptocurrency

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi aset kripto

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, HANOI – Perkembangan pesat teknologi blockchain di berbagai sektor tanpa disadari telah memicu pertumbuhan adopsi aset digital, tak terkecuali pada investasi cryptocurrency.

Meningkatnya investasi aset kripto di berbagai lapisan masyarakat, telah membuat beberapa negara di dunia mulai mengadopsi aturan untuk mengatur peredaran aset digital diwilayahnya.

Seperti baru-baru ini pemerintah Vietnam diketahui tengah mempersiapkan kerangka regulasi cryptocurrency.

Baca juga: Joe Biden Usulkan Kenaikan Pajak Bagi Miliarder di Negaranya, Investor Kripto Ketar-ketir

Rencana tersebut diketahui publik setelah pemerintah pusat menginstruksikan berbagai instansi negara untuk segera membuat kerangka kerja yang akan mengatur aset digital dan aktivitasnya.

Melalui pernyataan Wakil Perdana Menteri Vietnam Le Minh pada Senin (28/3/2022) yang dilansir dari Cryptopotato, menjelaskan regulasi tersebut dimaksudkan untuk mendorong pertumbuhan investasi kripto diwilayahnya.

Tak hanya itu, dengan diterapkannya regulasi UU kripto pemerintah Vietnam juga dapat mengatur dan mengendalikan pengelolaan transaksi aset kripto seperti Bitcoin, dengan begitu pihaknya dapat melindungi investor dari risiko bahaya investasi digital.

Baca juga: 11 Platform Pertukaran Kripto Terindikasi Hindari Pajak

Keseriusan Vietnam dalam berekecimpung di industri kripto, sebenarnya sudah dimulai sejak awal tahun 2017. Dimana pada saat itu pemerintah telah memberikan lampu hijau untuk pengelolaan aset digital di negaranya.

Terpantau setelah pemerintah mengizinkan peredaran terkait aset digital, kini jumlah investor kripto Vietnam terus mengalami pertambahan pesat. Bahkan sepanjang tahun 2021 kemarin jumlah adopsi kripto meningkat hingga 21 persen.

Laporan perusahaan Chainalysis pada tahun 2020 lalu juga menyebut jika Vietnam menjadi salah satu negara yang sukses memimpin perlombaan adopsi kripto global. Meski masih dalam tahap rencana, namun dengan adanya regulasi tersebut diharapkan tak hanya memacu pertumbuhan investor lokal namun juga investor internasional.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini