News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

NETV Rambah Metaverse, Bidik Potensi Pertumbuhan Pengguna Konten Kreatif

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Peluncuran NET Verse, Jumat 20 Mei 2022.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Net Visi Media Tbk (NETV) melalui anak usahanya PT Net Media Digital (NMD) resmi meluncurkan platform over-the top (OTT) NET Verse.

CEO NETV Deddy Hariyanto berujar, peluncuran platform OTT NET Verse merupakan bagian dari upaya NETV dalan melakukan pengembangan usaha perseroan.

Deddy mengatakan, pihaknya memiliki potensi kuat dalam menghadirkan konten hiburan dan informasi pada segmentasi anak muda dan keluarga Indonesia berjiwa muda melalui media penyiaran maupun platform digital.

"Besarnya antusiasme penggemar konten kreatif pada media digital membuat kami optimis dapat mengembangkan inovasi digital, melalui penjajakan kolaborasi dan optimalisasi Intellectual Property dari karya konten kreatif kami di masyarakat," ujar Deddy dalam keterangannya, Selasa (31/5/2022)

Kehadiran platform OTT NET Verse, ucap Deddy, merupakan bagian dari strategi NETV dalam membidik potensi pertumbuhan pengguna konten kreatifnya, serta inovasi platform digitalnya.

Baca juga: Bidik Milenial, Hyundai Motors Hadir di Platform Metaverse Zepeto

"Potensi pertumbuhan bisnis platform OTT terbilang cukup besar dimana data Indonesian Digital Report 2021 menunjukkan pengguna internet mencapai 202,6 Juta atau 73,7 % dari jumlah populasi di Indonesia," katanya.

Sebelumnya, PT Net Media Digital (NMD) telah melakukan pengembangan konten kreatifnya melalui YouTube Net Mediatama dan media sosial lainnya.

Baca juga: Legenda MotoGP Valentino Rossi Jajaki Dunia Virtual Metaverse

Platform YouTube tercatat memiliki lebih dari 18 juta unique user dan 280 juta views perbulannya. Potensi tersebut dibidik NETV dalam mengembangkan konten kreatif dan inovasi digital terbarunya melalui platform OTT.

Olwin Pangaribuan Vice President Digital NET menjelaskan, NET Verse merupakan platform OTT yang dengan mudah dapat diunduh gratis lewat Google Play atapun App Store dan dapat dinikmati kapanpun dan dimanapun.

Baca juga: Mark Zuckerberg Pamerkan Headset VR Cambria, Tandai Keseriusannya di Metaverse

NET Verse akan menghadirkan konten-konten eksklusifnya yang tidak dapat ditemui pada platform lainnya, mulai dari talkshow, music show, reality show, documentary hingga original series lainnya.

“Intellectual Property konten kekinian khas NET akan terus kami kembangkan melalui berbagai inovasi platform digital kami. Kata kunci perkembangan konten kreatif dan inovasi digital adalah New Engagement and New Experience," ucapnya.

Saat ini, lanjut Deddy, perseroan sedang mencermati secara lebih mendalam kolaborasi pengembangan konten kreatif dengan berbagai teknologi media baru, mulai dari nonfungible token (NFT) hingga teknologi Metaverse, seperti augmented reality (AR).

Penjajakan kolaborasi pengembangan konten kreatif melalui platform metaverse mulai terlihat dalam peluncuran NET Verse beberapa pekan lalu. Perkenalan teknologi metaverse dalam tayangan peluncuran NET Verse merupakan bagian dari rencana kolaborasi yang sedang dijajaki antara NETV dan PT WIR Asia Tbk (WIR Group).

WIR Group berkembang menyelesaikan berbagai inovasi AR di manca negara dengan melayani lebih dari 20 negara, antara lain: Amerika Serikat, Jerman, Spanyol, Nigeria, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Myanmar.

“Rencana kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem metaverse yang tengah dibangun saat ini dan bisa disejajarkan dengan penyedia konten berteknologi tinggi lainnya di dunia,” ujar CEO WIR Group Michel Budi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini