News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mediatics & Universitas Indonesia Gelar Workshop “Cara Buka Usaha di Digital Marketplace” bagi UMKM

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Associate Digital Marketing Mediatics Digital Indonesia, Luky Juniansyah.

TRIBUNNEWS.COM - Maraknya penggunaan Digital Marketplace pada saat ini berhasil menciptakan kesempatan bagi para pelaku UMKM maupun bisnis besar lainnya dalam mengembangkan usaha.

Melihat potensi tersebut, Mediatics Digital Indonesia & Universitas Indonesia (UI) melalui Pengabdian Masyarakat dari Sekolah Kajian Stratejik & Global (SKSG) mengadakan workshop “Peningkatan Kapasitas Kelompok Pengrajin Sepatu Sandal di Desa Sirnagalih dalam Penggunaan Digital Marketplace”, pada Jumat (06/10/23).

"Kehadiran Digital Marketplace ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku UMKM karena banyak usaha di luar sana yang berhasil dikenal lebih banyak customer" ujar Luky, Associate General Manager Mediatics Digital Indonesia

Setelah pelaku UMKM menentukan Digital Marketplace yang cocok bagi target audiensnya, langkah selanjutnya adalah bagaimana langkah yang tepat agar lebih banyak target audiens mengenal produk yang ditawarkan.

Menurut Luky, setidaknya terdapat empat langkah yang harus dilakukan oleh pelaku UMKM untuk meningkatkan visibilitas toko online-nya. 

Baca juga: Mediatics & Universitas Indonesia Adakan Workshop CSR Digital Marketplace bagi UMKM Desa Sirnagalih

Pertama, jangan lupa untuk hadirkan kualitas foto produk yang baik untuk menarik perhatian audiens. Misalnya menggunakan resolusi foto 1:1, memanfaatkan kertas karton putih sebagai background foto produk, hingga penempatan posisi produk yang proporsional dalam frame.

Kedua, buat judul produk yang deskriptif & gunakan keyword (kata kunci) yang relevan. Misalnya, jika ingin memasukkan produk sepatu, bisa gunakan keyword “Sepatu Casual”; “Sepatu Sneakers”; “Sepatu Pria”; “Sepatu Wanita” dan lain sebagainya. 

Terpenting, gunakan keyword yang lazim digunakan para customer saat mencari produk. Dengan begitu, toko online tersebut memiliki potensi untuk dilihat banyak orang. Langkah ini merupakan salah satu bentuk dari strategi Search Engine Optimization (SEO).

Ketiga, tuliskan deskripsi produk yang informatif. Salah satu cara agar toko online dapat ditemukan di halaman pertama Google adalah gunakan keyword yang sama dengan judul produk. Jika pada judul produk terdapat keyword “sepatu pria nyaman”, maka ulang penggunaan keyword tersebut pada section deskripsi produk.

Baca juga: Perluas Kolaborasi, Universitas Indonesia Intensifkan Kerjasama dengan UC Berkeley

Terakhir, sertakan referral link produk pada asset social media. Misalnya jika brand sepatu “Safir” memiliki akun Instagram Bisnis, maka sertakan link produk yang ada di Digital Marketplace (Shopee/Tokopedia/Lazada dan sejenisnya) pada setiap postingan feed, IG Story, maupun bio akun. 

Hal tersebut dilakukan untuk mengarahkan calon customer ke tahap conversion atau melakukan pembelian.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini