News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

IIMS 2013

Angsuran Kredit Mobil yang Makin Fleksibel

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Para penggemar otomotif mulai memadati pameran otomotif yang terbesar di Indonesia yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Utara, Sabtu (21/9/2013). IIMS 2013 di ikuti oleh 35 Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang terdiri dari 26 Passanger cars dan 9 brand commercial vehicles. (Tribun Jakarta/Jeprima)

TRIBUNNEWS.COM -- SALAH satu pemilihan pembelian kendaraan adalah dengan menggunakan sistem kredit kendaraan bermotor (KKB). Nah, dalam ajang IIMS 2013, banyak ditawarkan kredit dengan bunga rendah, pengurangan harga mobil hingga potong cicilan. Namun jumlah angsuran yang dibayarkan masih sangat fleksibel alias masih bisa dinegosiasikan.

Masing-masing ATPM memberikan keistimewaan yang berbeda dalam ajang IIMS ini. Nissan misalnya memberikan diskon harga mobil untuk jenis Evalia dan Grand Livina masing-masing Rp 18 juta dan Rp 10 juta.

"Harga diskon ini akan mengurangi pembayaran pertama saja, tapi kalau angsurannya tetap," kata Fandi, salah seorang Sales Executive Nissan kepada TRibunnews, Minggu (22/9/2013).

Menggunakan kredit melalui KPM Panin Bank, Grand Livina misalnya, dari daftar harga Grand Livina 1.5 SV MT harga mobil Rp 179 juta, dengan angsuran Rp 3.090.000 untuk kredit 47 bulan, pembeli cukup menyediakan uang pembayaran pertama Rp 70.121.000.

Sebenarnya diskon tidak hanya diberikan untuk pembayaran pertama saja tetapi bisa juga terhadap angsuran. "Masih bisa dinegokan lagi angsurannya tapi ya tidak besar-besar. Nanti saya yang lobikan," kata Fandi.

Secara umum, ATPM sebenarnya memberikan kesempatan bagi konsumennya untuk memilih sendiri lembaga pembiayaan. Dengan demikian masing-masing bisa mempunyai pilihan.

Paket kredit Suzuki bisa dilakukan adalah melalui PT Oto Multiartha. Namun jika konsumen ingin menggunakan kredit melalui pembiayaan lain tidak dipermasalahkan.

"Tidak harus dari Oto Multiartha, bisa juga pakai lembaga lain seperti BCA Finance. Jadi bisa pilih-pilih lembaga pembiayaannya," kata Ahmad Faisal.

Untuk kredit di ajang IIMS ini, Oto Multiartha hanya menawarkan paket DP 25 persen dengan angsuran maksimal 48 bulan.

"Kami juga memberikan kesempatan bagi pembeli untuk mengambil dari BCA Finance yang kebetulan juga memberikan kemudahan angsuran hingga 6 tahun," katanya.

Untuk Suzuki Ertiga GL M/T Double Blower jika menggunakan Oto Multiartha pembayaran pertama Rp 42.325.000, angsurabn Rp 3.830.000.

Jika dibandingkan dengan BCA dengan tenor 6 tahun, pembayaran pertama jatuh di angka Rp 56.980.000 dengan angsuran per bulan tahun 1-3 sebesar Rp 2.830.000 dan tahun 4-6 turun menjadi Rp 2.670.000.

Untuk produk Daihatsu memang tidak memberikan program khusus. Hanya saja, calon pembeli bisa mendapatkan kendaraan dengan uang muka yang terjangkau mulai 25 persen sehingga cukup membantu konsumen.

Lihat saja, simulasi kredit Alya D MT seharga Rp 76.500.000, kosumen cukup menyiapkan uang total DP 22.600.000 dengan angsuran Rp 1,635.000 untuk angsuran selama 59 bulan.

Mereka juga menawarkan lembaga pembiayaan lain yang menjadi pilihan konsumen. Mengenai angsuran, menurut salah seorang sales Achmad masih bisa dinegokan.

Berbeda dengan ATPM Ford, mereka mempersilakan calon konsumennya memilih lembaga pembiayaan. "Kita tidak ada simulasi pinjaman, tapi kita kerjasama dengan bank atau lembaga pembiayaan," katanya.

Nah, sebagai calon pembeli kendaraan anda dituntut cerdas untuk memilih kredit. Sesuaikan dengan kemampuan Anda. (Eko Sutriyanto)  

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini