News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tips Otomotif

Sebaiknya Pertimbangkan 4 Hal Ini Ketika Anda akan Membeli Mobil

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Peluncuran mobil All New Innova di showroom Toyota di Banda Aceh, Rabu (25/11/2015).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Saat kita merencanakan untuk menambah kendaraan dan membelinya dengan cara mencicil, sebaiknya kita menghitung lagi pengeluaran bulanan kita. Bukan hanya pengeluaran cicilan, tapi juga pengeluaran lainnya yang mengikuti.

Berikut beberapa hal yang sebaiknya kita pertimbangkan saat akan membeli mobil berdasarkan artikelyang ditulis Tejasari CFP, Independent Financial Planner dari Tatadana Consulting:

Pertama, Total cicilan hutang keseluruhan kita sebaiknya tidak lebih dari 1/3 penghasilan. Semua cicilan termasuk cicilan rumah, mobil, dan cicilan lainnya selama sebulan kalau terlalu besar totalnya, bisa memberatkan pengeluaran kita.

Kedua, jika ternyata lebih besar dari 1/3 penghasilan, pertimbangkan untuk mengurangi cicilannya dengan cara menambah uang muka, memperpanjang masa waktu cicilan, mencari alternatif bunga kredit yang lebih ringan, hingga mencari alternatif mobil yang harganya lebih murah.

Ketiga, perlu Anda perhitungkan juga, pengeluaran lainnya yang mungkin timbul saat kita membeli mobil. Seperti pengeluaran bensin, service dan biaya lainnya akan menambah pengeluaran bulanan rutin keluarga kita. Pilihlah mobil yang pengeluaran rutinnya lebih ringan.

Keempat, ketahuilah bahwa semakin pendek jangka waktu cicilan, sebenarnya semakin baik. Karena uang yang kita bayarkan untuk bunganya akan lebih sedikit. Apabila keuangan kita masih memungkinkan, buatlah jangka waktu cicilan lebih pendek.

Tentu saja keputusan untuk membeli mobil tidak hanya mengenai masalah keuangan. Terkadang kita merasa sudah sangat mendesak untuk menambah mobil.

Jangan membuat keputusan terburu-buru, sebaiknya dipertimbangkan kembali seberapa pentingnya menambah mobil, dengan konsekuensi adanya pengeluaran yang lebih besar dalam keluarga.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini