News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tips Otomotif

Merawat Sunroof Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sunroof mobil

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Mobil yang memiliki fitur sunroof tentu sangat menyenangkan. Perjalanan bareng pasangan atau dengan keluarga menjadi menyenangkan karena menyajikan panorama indah, terutama saat bepergian ke luar kota.

Namun, fitur sunroof tetap perlu dirawat secara rutin agar awet dan tidak mudah rusak. Berikut cara yang baik untuk merawat sunroof mobil kesayangan.

1. Bersihkan dari kerikil dan pasir. Jika kita membuka sunroof biasanya kita tidak sadar akan debu, pasir bahkan kerikil yang menempel pada rel sunroof.

Jika dibiarkan, pasir akan menumpuk dan mengganggu jalur pembuangan air. Pada gilirannya, jalur drainase akan terhambat. Air

yang terjebak akan menimbulkan korosi. Lambat laun, akan membuat rel berkarat dan memicu terjadinya kebocoran.

2. Pastikan gerak rel lancar. Lumasi rel dengan lubrikan cair. Tujuannya jelas, melancarkan gerak rel saat kaca sunroof dibuka-tutup. Tak lupa gunakan penetran untuk membersihkan kerak dan karat.

3. Periksa jalur pembuangan. Jalur air juga harus diperiksa jangan sampai ada kotoran yang menyumbat jalur air karena jika ada air tergenang maka bisa menimbulkan lumpur (penumpukan debu) dan karat.

4. Bersihkan karet. Bersihkan bagian karet-karet dari kotoran dan debu. Terutama pada bagian siku atau pojok dengan lap basah. Lalu keringkan.

5. Buka-tutup sunroof. Jika Anda termasuk jarang membuka sunroof, sebaiknya tetap lakukan buka-tutup sunroof secara rutin. Setidaknya sebulan sekali. Ini perlu untuk memastikan mekanismenya lancar.

Ibarat tubuh manusia, biar otot-ototnya bergerak. Sehingga tidak terjadi kemacetan. Langkah ini juga untuk mengetahui apakah ada bunyi-bunyi abnormal di sana.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini