News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Sukses Jualan Pick Up, Tata Motors Kini Tantang Pabrikan Jepang Bertarung di Pasar Truk Ringan

Penulis: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tata Ultra 1012 di IIMS 2016

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Mitsubishi Fuso, Hino dan Isuzu, sebaiknya mulai berhati-hati dan menyiapkan jurus baru.

Puluhan tahun dominasi puluhan tahun tiga brand Jepang ini di pasar truk ringan (light duty) di Indonesia sebentar lagi akan digoyang oleh kehadiran pemain baru di segmen truk ringan.

Adalah PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) yang siap menjadi penantang tersebut.

Memanfaatkan momentum penyelenggaraan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) yang berlangsung 7-17 April 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Tata Motors memperkenalkan truk ringan terbarunya, Tata Ultra 1012.

Tata Ultra 1012 siap bermain di segmen truk ringan yang selama ini praktis lebih dari 70 persen pangsa pasarnya dikuasai tiga pemain, yakni Mitsubishi Canter yang dipasarkan oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Hino Dutro oleh PT Hino Motors Sales Indonesia, dan Isuzu Elf oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

Ada pemain lain dari Toyota Astra Motor, yakni Dyna,tapi pangsa pasarnya relatif kecil.

Nah, Tata Motors dengan truk Ultra 1012 berusaha menggoyang dominasi trio Jepang tersebut.

Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI di hari perdana IIMS 2016, Kamis (7/4/2016) menyebutkan, Ultra 1012 akan dipasarkan  dalam waktu dekat di pasar Indonesia.

Pihaknya mendapat banyak pengalaman berharga merintis pasar Tata Motors di Indonesia dari keberhasilan mereka memasarkan pick up Tata Super Ace bermesin diesel 1400 cc yang sangat digemari konsumen di daerah pedesaan dan kota-kota di luar Jakarta, seperti di wilayah Jawa Timur.

Ultra 1012 dibekali mesin diesel Tata 497 TCIC yang sanggup menghasilkan tenaga maksimum 125 PS. Memang bukan yang terbesar di segmen truk ringan, karena Canter memiliki line up produk dengan tenaga maksimum 136 PS.

Rem full air dan ban radial

Ultra 1012 memiliki Gross Vehicle Weight (GVW) 10.000 kg. Untuk aspek keamanan, Tata Ultra 1012 dibekali teknologi rem angin (full air).

Dalam hal kenyamanan per parabolik dan juga suspensi tempat duduk yang bisa disetel sesuai berat badan pengendara, full adjustable steering dan juga adjustable seat yang menambah kenyamanan dan produktivitas.

Keunggulan lain Ultra 1012 adalah sasisnya yang panjang. Truk ini  memiliki kapasitas bak muatan yang besar untuk ukuran truk kecil, yaitu mencapai 6 meter dengan lebar bak 2,2 meter.

Mesin diesel Tata 497 TCICdi truk ini diklaim mampu menghasilkan torsi tinggi, transmisi dan gear ratio overdrive. Kaki-kakinya sudah menggunakan  ban radial serta juga disematkan cluster meter yang dilengkapi kontrol eco drive.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini