News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tips Otomotif

Mengemudi Bebas Ngantuk, Hindari Alkohol Perbanyak Konsumsi Buah

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Buka sedikit kaca jendela membantu usir rasa kantuk saat mengemudi.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Mengantuk bisa dialami siapa saja dan itu normal. Namun hal ini bisa berbahaya jika dialami orang yang sedang duduk di balik setir. Inilah tips cara cegah kantuk saat mengemudi mobil.

Selama ini banyak yang menganggap bahwa faktor penyebab kecelakaan tertinggi adalah karena si pengemudi mengebut atau dalam keadaan mabuk.

Namun hasil survey dari SAAQ (Société de l’ assurance du Québec) mengatakan bahwa kondisi kelelahan pengemudi adalah penyebab tertinggi yang mengakibatkan kematian.

Menurut riset tersebut ada bebarapa cara yang bisa dilakukan pengemudi untuk mengurangi rasa kantuk. Minimal sampai sopir menemukan tempat aman untuk istirahat. Berikut beberapa cara tersebut:

1. Selalu sedia air mineral di mobil
Selain untuk mengatasi dahaga, air ini bisa digunakan untuk membasuh muka guna mengurangi rasa kantuk dan lelah. Jadi pengemudi tak perlu repot mencari toilet hanya untuk cuci muka.

2. Buka kaca jendela sedikit
Jika mulai terasa mengantuk, matikan pendingin udara dalam mobil dan bukalah kaca mobil. Hirup udara dari luar.

Mengantuk bisa terjadi karena sirkulasi udara dalam mobil tidak baik. Selain itu, kondisi dalam kabin yang dingin pun bisa membuat tubuh terlalu nyaman saat berkendara.

3. Makan buah, hindari alkohol

Hindari makanan berlemak jenuh sebelum mengemudi karena bisa membuat mengantuk. Pengemudi bisa menggantinya dengan mengonsumsi snack, buah, atau biskuit.

Untuk minuman, hindari yang mengandung alkohol, kafein, atau stimulan lain karena dapat mengganggu konsentrasi dan reaksi mengemudi. Gantilah dengan air mineral.

4. Maksimal mengemudi 2,5 jam
Perlu diingat, batas maksimal tubuh dalam mengemudi hanya 2,5 jam. Jika melakukan perjalanan selama enam jam misalnya maka bisa dilakukan dua kali istirahat.

Selain istirahat, saat berhenti, pengemudi juga bisa melakukan beberapa gerakan ringan untuk menyegarkan kembali anggota tubuh.
 

 
 
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini