News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

GIIAS 2016

Teknologi Bogie Axle Lift Membuat Roda Belakang Terangkat, Ban Truk Pun Jadi Lebih Awet

Penulis: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Teknologi Boogie Axle Lift saat didemokan di depan sejumlah jurnalis di hari pembukaan GIIAS 2016, di booth UD Trucks di Hall 2, Kamis (11/8/2016)

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG- Di gelaran Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2016, UD Trucks memperkenalkan kepada publik teknologi terbaru Bogie Axle Lift pada kendaraan truk medium duty yang dipasarkannya di Indonesia.  Solusi ini membuat truk menjadi lebih hemat bahan bakar dan ban pun jadi lebih awet.

Di kesempatan sama, UD Trucks juga memperkenalkan UD Telematics Services sebuah layanan baru untuk membantu konsumen mengelola operasional transportasi agar lebih efisien dan efektif serta menguntungkan.

Teknologi Boogie Axle Lift ini didemokan di depan sejumlah jurnalis di hari pembukaan GIIAS 2016, di booth UD Trucks di Hall 2, Kamis (11/8/2016).

Teknologi Bogie Axle Lift diterapkan pada truk UD Truck kategori 5, yakni Quester, untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

UD Trucks optimistis teknologi dan layanan ini bisa membantu mengoptimalkan bisnis konsumen.

Presiden Direktur UD Trucks Indonesia Valery Muyard mengatakan, teknologi dan layanan ini mengacu pada filosofi UD Trucks, yakni ‘Going the Extra Mile’.
"Kami terus menghadirkan solusi yang fokus mengoptimalkan bisnis konsumen. Kami bangga dapat menghadirkan teknologi Bogie Axle Lift pada truk-truk kategori 5 yang akan kami pasarkan di Indonesia. Teknologi ini dirancang untuk membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar dan keamanan berkendara saat truk beroperasi,” jelasnya.

Pabrikan Jepang Pertama

Bogie Axle Lift selama ini telah digunakan secara luas di belahan dunia dan UD Trucks adalah pabrikan Jepang pertama yang memperkenalkan teknologi ini di Indonesia.

Dia menambahkan, truk Quester yang dijual di Indonesia didesain khusus bagi pasar Asia dan diluncurkan oleh UD Trucks pertama kali pada tahun 2013.

Sebagai truk kategori 5, Quester memadukan keunggulan efisiensi bahan bakar yang baik, andal dan berdaya tahan tinggi. UD Trucks terus berinovasi dan memastikan Quester siap melayani konsumen menempuh jarak yang lebih jauh.

Teknologi Bogie Axle Lift ini dipasang pada truk Quester tipe 6x2 dan 8x2 yang menawarkan keuntungan baru bagi konsumen untuk memperoleh efisiensi bahan bakar yang lebih baik dalam mengoperasikan armada truknya.

Truk tipe 6x2 dan 8x2 ini dilengkapi dengan 3 atau 4 poros roda yang semuanya dapat digunakan saat truk membawa muatan penuh.

Cara kerjanya, teknologi ini mengangkat satu poros dan roda-rodanya saat truk sedang tidak membawa muatan.

Manfaat teknologi ini membantu mengurangi penggunaan ban yang sekaligus mengurangi konsumsi bahan bakar.

Teknologi Bogie Axle Lift juga dapat digunakan pada fungsi ‘Bogpress’. Di sini Bogie Axle hanya terangkat sedikit. Hal ini mentransfer ‘sebagian’ muatan dari poros roda kedua (dead) ke poros roda pertama yang meningkatkan traksi pada poros roda pertama dan membantu mencegah kemungkinan truk tergelincir.

Teknologi Bogie Axle Lift memiliki dua fitur, Pertama, fitur Boglift untuk mengangkat poros roda kedua, saat truk tidak bermuatan. Fitur ini mengurangi penggunaan ban serta meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Kedua, fitur Bogpress untuk meningkatkan traksi pada poros roda pertama saat truk membawa membawa muatan penuh dan melintasi jalanan yang terjal.

Pada kondisi jalanan seperti ini besar kemungkinan poros roda pertama dapat tergelincir.

Teknologi Bogie Axle Lift dapat menghemat penggunaan bahan bakar dan ban. Pengunjung GIIAS 2016 dapat melihat lebih dekat cara kerja teknologi Bogie Axle Lift ini di booth UD Trucks.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini