News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Truk Quester Mulai Dirakit di Indonesia, Komponen Masih Diimpor dari Thailand Kecuali Ban

Penulis: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

UD Trucks meresmikan fasilitas perakitan truk Quester di Indonesia di PT Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara, Selasa (18/10/2016). Peresmian perakitan ini antara lain dihadiri Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Yan Sibarang Tandiele, dan Duta Besar Swedia untuk Indonesia Johanna Brismar Skog, serta Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- UD Trucks mulai merakit truk Quester di Indonesia demi memenuhi permintaan pasar lokal yang terus meningkat. Truk jenis heavy duty ini dirakit di fasilitas perakitan PT Gaya Motor di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

Peresmian perakitan truk Quester ini dilakukan Selasa (18/10/2016) dan dihadiri Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Yan SIbarang Tandiele, dan dihadiri Duta Besar Swedia untuk Indonesia Johanna Brismar Skog, Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto, dan Presiden Direktur PT Gaya Motor Ary Mariano serta Senior Vice President UD Trucks Asia, Jacques Michel.

Quester pertama kali diperkenalkan di pasar Indonesia pada ajang Indonsia Mining Expo 2013 di JIEXpo Kemayoran, Jakarta.

Tipe atau varian Quester yang dirakit UD Trucks di PT Gaya Motor terdiri dari 10 varian untuk aplikasi truk angkutan kargo dan logistik di medan on road, sampai truk untuk kebutuhan sektor konstruksi seperti truk mixer semen.

Model-model yang dirakit adalah Quester 64R 370 Wheelbase 3700 mm, Quester 64R 370 Wheelbase 4300 mm, Quester 64R 280 Wheelbase 3700 mm aplikasi mixer, Quester 64R 280 Wheelbase 4300 mm, wheelbase 5600 mm, dan wheelbase 6100 mm, Quester 64T 370, Quester 64T 330, Quester 64T 280 dan Quester 42T 280.

Semua komponen truk ini mulai dari sasis, kabin, mesin serta transmisi diimpor dari pabrik UD Trucks di Thailand. Khusus komponen ban sudah menggunakan ban produksi lokal.

Presiden Direktur UD Trucks Indonesia Valery Muyard mengatakan, pembukaan fasilitas perakitan ini merupakan inisiatif berkelanjutan UD Trucks terhadap pasar Indonesia. "Truk Quester diproduksi untuk fokus ke pasar Asia, khususnya Indonesia," kata Valery. 

Dia menambahkan, Quester yang dirakit dan dipasarkan ke Indonesia terdiri dari banyak varian, termasuk untuk muatan berat dengan desain truk yang modern untuk transportasi jarak jauh dengan beragam aplikasi industri, termasuk untuk sektor pertambangan, konstruksi dan distribusi.

Ary Mariano, Presiden Direktur PT Gaya Motor mengatakan, fasilitas perakitan truk Quester ini memiliki luas 12.000 meter persegi dengan menyerap tenaga kerja 200 orang dan mampu merakit sebanyak 200 unit truk Quester per bulan. 

Untuk mengoperasikan fasilitas perakitan ini, UD Trucks Indonesia juga menggandeng PT Tjahaja Sakti Motor (TSM) yang memiliki pengalaman luas di jasa penanganan logistik dan pergudangan.

TSM selama ini dikenal sebagai agen pemegang merk dan importir kendaraan BMW, MINI, Peugeot, dan UD Trucks.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini