News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bus Tingkat untuk Trayek AKAP, Begitu Ada Success Story Pasti yang Lain Ikut

Penulis: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kabin bus tingkat AKAP PO Putera Mulya. Bus ini digunakan untuk road test Jakarta-Solo bersama Kementerian Perhubungan dan pemangku kepentingan, Jumat (27/1/17).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presidium Masyarakat Transportasi Indonesia, Ir Muslih Zainal Asikin
mengatakan, ketika ruas jalan tol sudah seluruhnya menghubungkan Jakarta - Solo, perjalanan darat dengan naik bus akan semakin nyaman.

Dia berharap kenyamanan itu bisa menjadi nilai tambah bagi transportasi bus.

"Nanti kalau ada jalan tol Jakarta-Solo dengan bus seperti ini kecepatan 100 Km/jam masih nyaman. Saya yakin sekarang belum terasa, begitu ada success story pasti yang lain ikut. Tapi ini bukan saingan antar operator, tetapi bagaimana menarik penumpang baru yang mencari kenyamanan," ujar dia di sela acara road test bus tingkat antar kota antar provinsi (AKAP) PO Putera Mulya bersama Kementerian Perhubungan bersama pemangku kepentingan, Jumat (27/1/17) di Wonogiri.

Kurnia Lesani Adnan, pimpinan PT Putera Mulya Sejahtera mengungkapkan, pihaknya sengaja menyediakan bus yang nyaman untuk menarik minat masyarakat yang belum atau tidak pernah naik bus bepergian ke Solo dan Wonogiri.

"Kami ingin memberikan dorongan baru untuk usaha transportasi bus, bahwa bus yang ada sudah seperti ini. Kami menyediakan dua kelas yang unik di atas dan di bawah dengan bangku yang dilengkapi sarana hiburan di setiap bangku," kata Kurnia Lesani Adnan.

Baca: Bus Tingkat untuk Trayek AKAP Bakal jadi Tren di Masa Depan di Pulau Jawa

Inovasi ini mendapat sambutan positif tim Korlantas Mabes Polri. Kabag Audit Keamanan dan Keselamatan Korlantas, AKBP Hendra Gunawan menyambut baik adanya bus yang nyaman.

Sebagai petugas yang terbiasa fokus mengurusi keamanan di jalan raya berharap bus yang nyaman bisa semakin diminati masyarakat.

"Kalau masyarakat menjadikan bus semacam ini sebagai sarana transportasi antar kota kan kemacetan semakin berkurang, otomatis angka kecelakaan juga bisa menurun," katanya.

Tren bus tingkat AKAP sudah dimulai sejak tahun 2015. Kehadiran bus tingkat AKAP menjadi perhatian luas masyarakat saat PT Putera Mulya Sejahtera mengoperasikan dua unit bus tingkatnya.

Berdasarkan masukan para peserta roadtest, jalan, bus tingkat layak dioperasikan di Indonesia namun harus disesuaikan dengan kelas jalan yang cocok bobot bus yang bongsor ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini