News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dua Truk Heavy Duty Ini Jadi 'Senjata' Peserta Fuelwatch Challenge 2017 di Babak Final

Penulis: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Peserta babak final kontes mengemudi efisien truk Volvo, 'Fuelwatch Challenge 2017' kategori off-road memulai kompetisi di garis start di kawasan Pagedangan, Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Rabu (17/5/2017).

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Untuk menggelar babak final kontes mengemudi efisien truk Volvo di kawasan Pagedangan, Tangerang, Rabu (17/5/2017), Volvo Trucks menyediakan dua truk heavy duty untuk para finalis. Masing-masing untuk peserta finalis kategori medan off road dan medan on road.

Untuk medan off road, Volvo Trucks menyediakan satu unit truk Volvo FMX 400 HP 6×4 Rigid. Setiap peserta harus mengemudikan truk ini sebanyak tiga putaran, masing-masing putaran memiliki panjang sekitar 1 km.

Trek di medan off road ini memiliki sejumlah handicap atau halang rintang. Antara lain, jalan tanah bergelombang dan menanjak.

Di kategori on-road, Volvo Trucks menyediakan truk Volvo FH16 500 HP 6×4 tractor head berikut trailer dan kontainernya berukuran 40 feet. Setiap peserta harus mengemudikan truk melintasi trek jalan raya sepanjang 2,7 km dalam tiga putaran.

Baca: Para Driver Jagoan Ini Jadi Juara Irit Mengemudi Truk Volvo Se-Indonesia

Apa tanggapan para peserta babak final ini? Semi, driver finalis kategori off road dari PT Ryan Eka Pratama, perusahaan angkutan tambang batubara di Kalimantan, mengatakan, trek off road di babak final ini kurang menantang.

"Dibandingkan medan sebenarnya ini lebih ringan. Halang rintangnya juga tidak terlalu besar. Tapi tantangan buat saya mengikuti kontes ini justru persiapan mental. Deg-degan," ungkapnya.

Kontes ini merupakan kesempatan pertama bagi Semi menembus babak final mewakili perusahaan tempatnya bekerja.

Berangkat ke Swedia

Head of Marketing Volvo Trucks Indonesia, Bagus Pranoto mengatakan, para juara pertama di masing-masing kategori akan mewakili Volvo Trucks Indonesia akan berangkat ke Gothenburg, Swedia, untuk mengikuti ajang serupa tingkat dunia bertajuk World Final Fuelwatch 2017 pada bulan September 2017 mendatang.

Ajang ini akan diikuti para juara masing-masing kategori dari berbagai negara di kawasan Asia Pasifik.

Bagus Pranoto menambahkan, babak final 'Fuelwatch Challenge 2017' diikuti peserta yang mewakili perusahan angkutan truk dari berbagai wilayah di Indonesia di mana terdapat banyak populasi truk Volvo.

Diantaranya, dari Sumatera, Surabaya, Pekanbaru, Balikpapan, Kalimantan dan daerah lain. Para finalis kategori off road kali ini berasal dari perusahaan-perusahaan Kalimantan.

Sementara, finalis dari kategori on road berasal dari perusahaan-perusahaan di Pulau Sumatera dan Jawa.

  

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini