News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ketahui Dulu Besaran Premi Asuransi untuk Mobil Antik

Editor: Fajar Anjungroso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Mobil antik berbagai merek dipamerkan dalam Otoblitz International Classic Car Show di JI Expo Kamyoran, Jakarta, Jumat (14/12/2012). Pameran ini diikuti lebih dari 300 mobil dan sepeda motor klasik dengan target pengunjung sebanyak 20 ribu orang. Pameran akan berlangsung hingga 16 Desember. KOMPAS/HERU SRI KUMORO

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketika Anda ditawarkan agen asuransi untuk mobil antik atau tua, sebaiknya pelajari terlebih dahulu.

Anda dapat mempelajarinya mulai dari nilai premi yang sesuai dengan kebutuhan.

“Jika mobil di atas 5 tahun kira-kira akan ditambahkan rate sebesar 5% atau jika di atas 10 tahun ditambahkan rate sekitar 10 % dari premi normal. Semua itu tergantung dengan kebijakan para perusahaan asuransi mobil terkait,” ujar Iwan Pranoto, Head of Communication & Event Asuransi Astra.

Artinya, jika mobil antik Anda ingin mendapatkan perlindungan secara menyeluruh akan diwajibkan untuk menambah premi dari harga yang sudah ditetapkan.

Iwan menambahkan, cara menghitung biaya asuransi mobil antik umumnya berbeda-beda tiap perusahaan asuransi. Hal itu tergantung dari jenis dan harga kendaraan.

Namun, secara umum tarif premi yang berlaku untuk mobil antik bersifat regresif. Maksudnya, apabila nilai pertanggungan yang ditetapkan makin mahal, maka makin kecil pula persentase tarif preminya.

Contohnya, di 2016 lalu, harga mobil antik tipe A hanya sekitar Rp 329,6 juta. Maka untuk jenis polis yang menjamin semua risiko kecuali yang disebut dalam pengecualian polis, nilai premi yang dibayarkan senilai 1,88% dari harga mobil tersebut yakni Rp 6,2 juta.

Namun, kini mobil tersebut memiliki nilai harga di pasar sekitar Rp 533,9 juta dan persentase premi yang dibayarkan menjadi 1,32%. Sehingga total biaya preminya mengalami kenaikan yakni sekitar Rp 7 juta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini