News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Teknologi Keselamatan Terkini yang Disematkan di Datsun Cross

Penulis: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Datsun Cross saat diluncurkan di Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (18/1/2018).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Datsun Cross resmi mengaspal di Indonesia melalui prosesi peluncuran di Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (18/1/2018). Mobil lima penumpang dengan ruang bagasi lapang ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 163 jutaan.

Apa yang didapat konsumen untuk mobil dengan harga segitu?

Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Eiichi Koito mengatakan pihaknya menyematkan fitur-fitur keselamatan spesial di mobil ini untuk memberikan kenyaman dan rasa aman lebih kepada pengemudi dan penumpang saat berkendara.

Apa saja?

Datsun Cross disebut sebagai satu-satunya mobil di kelasnya yang dilengkapi dengan teknologi Vehicle Dynamic Control (VDC) sebagai standar di semua varian.

Menggunakan perangkat lunak terkini yang dikendalikan oleh komputer dan sensor, Datsun Cross dibekali fitur VDC yang mencakup anti-lock brakes (ABS), electronic brake distribution with brake assist (EBD with BA), traction control (TCS), dan brake-limited slip differential (B-LSD).

Datsun Cross juga dilengkapi dengan airbag ganda di bangku baris depan, lampu peringatan saat sabuk pengaman belum dipasang ketika mobil mulai dijalankan.

Untuk keamanan berkendara di malam hari, Datsun Cross sudah mengadopsi headlamp dengan proyektor yang dinamis berbentuk ‘mata elang’ dengan desain khas  dan menjadikan Datsun Cross mobil pertama di segmennya yang memiliki fitur pengoperasian lampu depan otomatis.

Baca: Datsun Cross Diproduksi di Purwakarta, Pengiriman Pertama ke Konsumen Maret

Baca: Datsun Cross Tersedia Dalam Tujuh Pilihan Warna

Datsun Cross dirancang memiliki ground clearance tinggi, mencapai 200 mm dengan velg ukuran 15 inch untuk mengantisipasi permukaan jalan di Indonesia dengan aneka kontur yang tidak selalu mulus.

Datsun Cross memiliki body cladding kokoh dan pelindung bawah bodi untuk melindungi komponen di bagian bawah mobil dari ancaman kerusakan akibat terpapar lumpur dan pecahan batu.

Body cladding ini dicat warna abu-abu metalik dengan sisipan serupa logam dan terlihat kontras dengan warna bodi, membuatnya tampil macho dan menarik.

Urusan dapur pacu, Datsun mempercayakan mesin bensin berkapasitas 1200 cc untuk Datsun Cross bertenaga maksimum 68/78 hp dengan torsi puncak 104 Nm. Kinerja mesin ini diklaim mampu mendukung kelincahan Datsun Cross saat melaju di jalan raya sekaligus tetap efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Datsun memberikan konsumen dua pilihan transmisi. Yakni, transmisi manual dan transmisi X-Tronic CVT
(continuously variable transmission) yang untuk pertama kalinya diaplikasikan di mobil Datsun.

Teknologi CVT membuat pergantian gigi menjadi lebih halus, konsumsi bahan bakar yang irit serta pengemudian yang lebih nyaman.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini