News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Indonesia Berkarya

Slogan Berbahasa Indonesia Ini Kini Mendunia, Apa Rahasianya?

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM – Pernah mendengar kata ‘Terus Terang, Terang Terus’, ‘Berapa Lapis? Ratusan!’ hingga ‘Semakin di Depan’? Jika iya, mendengar slogan tersebut pasti tiga nama brand terkenal di Indonesia langsung terlintas di benak Anda. Itulah fungsi dari slogan!

Kata slogan berasal dari bahasa Skotlandia yang diteriakan ketika akan berperang. Dalam KBBI sendiri, slogan berarti perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu.

Slogan bukanlah sekadar kata-kata biasa. Slogan memang mempunyai arti penting dan menjadi ‘ciri khas’ yang tak boleh diremehkan. Apalagi bagi para pelaku bisnis, slogan diibaratkan senjata pamungkas dan penyelamat ketika berperang.

Begitu pentingnya sebuah slogan, seorang penulis dan ahli slogan Eric Swartz mengungkapkan bahwa slogan merupakan kata yang mewakili ‘citra’ sebuah perusahaan dimata konsumen dan masyarakat.

Betapa penting sebuah slogan bisa terlihat pada salah satu brand otomotif ternama, Yamaha. Melalui slogannya ‘Semakin di Depan’, Yamaha Indonesia menggambarkan kalimat tersebut menjadi penyemangat bagi mereka untuk selangkah lebih depan dibandingkan para pesaingnya.

Digunakan sejak tahun 2003, menurut Yamaha Indonesia, slogan ini membuat mereka berusaha mencapai semuanya selangkah lebih depan dan menawarkan konsumen mereka pelayanan dan produk yang lebih baik.

Singkat, mudah diingat dan memiliki makna yang mendalam membuat slogan ini tak hanya dikenal dan diingat oleh masyarakat Indonesia, ‘Semakin di Depan’ kini juga mendunia sebab hadir pada ajang World Superbike dan World Supersport 300.

Slogan ‘Semakin di Depan’ disematkan pada tim Pata Yamaha Official WorldSBK saat Yamaha memperkenalkan lineup tim road racing 2018 Yamaha Motor Europe beberapa waktu yang lalu.

Menurut Minoru Morimoto, Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) slogan ini menjadi penyemangat tim mereka dalam mengikuti kompetisi dunia.

”Saya sangat senang dan bersemangat untuk bergabung dengan tim yang mempunyai spirit 'Semakin di Depan'. Slogan ini juga terlihat pada rider Indonesia kami Galang Hendra Pratama. Seorang penantang, meski tubuhnya kecil, dia penuh dengan bakat dan gairah, tapi memiliki prestasi yang membanggakan dan mampu menang bahkan mendapatkan Wildcard,” ujar Minoru Morimoto.

Bahasa, Rider dan Motor Indonesia Semakin Mendunia

Selain mempopulerkan slogan berbahasa Indonesia ke pentas dunia, lewat ajang tersebut Yamaha juga memperkenalkan motor yang 100 persen diproduksi di Indonesia yakni Yamaha YZF-R3 yang digunakan rider Indonesia Galang Hendra Pratama pada ajang World Championship.

“Ini paket Indonesia yang komplit (ada slogan, rider, dan motor buatan Indonesia) dan bagus. Dengan kehadiran Galang Hendra dan semangat ‘Semakin di Depan’ merupakan usaha kami mendukung pebalap-pebalap muda berbakat terjun ke Kejuraan Dunia,” ungkap Minoru Morimoto.

Galang Hendra akan tampil di semua seri World Supersport 300 tahun 2018 ini. Dia akan mengawali perjuangannya dengan YZF-R3 pada seri perdana di sirkuit Aragon, Spanyol, 15 April 2018.

Ingin tau lebih lanjut, cek selengkapnya di sini!

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini