News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Modifikasi Motor

Ini Dia Trend Motor Custom di Kalangan Para Artis

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM – Sepeda motor kini bukan lagi sekedar tunggangan, tapi sudah semakin berkembang layaknya cultural movement, seperti sebuah gerakan budaya yang dilakukan bersama-sama. Melalui motor custom, pemiliknya dapat menampilkan karakter mereka dalam tampilan motor custom yang mereka desain sendiri. Tidak sedikit juga yang merasa ingin tampil beda di jalanan dengan motor custom.

Para artis dunia juga sudah banyak yang menggiati motor custom ini. Mulai dari Brad Pitt, David Beckham, dan Keanu Reeves yang kerap tertangkap kamera sedang mengendari motor custom. Ketiga celebrity dunia ini sama-sama memiliki motor custom beraliran chopper.

Di Indonesia kini sudah tidak sulit untuk membangun motor custom. Sudah banyak bengkel motor yang dulunya hanya menyediakan jasa service, sekarang sudah menerima jasa custom motor. Hal ini tentunya akibat dari semakin banyaknya orang yang ingin membangun motor custom.

Dede Edun, penggiat custom culture Indonesia dari Bandung, mengatakan bahwa custom culture yang ada di Indonesia beberapa tahun belakangan ini menjadi salah satu alternatif yang menarik untuk diseriusi.

“Apalagi dalam beberapa bulan terakhir, presiden kita, bapak Jokowi juga berminat dengan salah satu motor custom yang ada di Indonesia,” ungkapnya.

Tidak hanya bapak presiden kita, sudah banyak artis tanah air yang telah menggeluti custom culture. Seperti Imam Darto yang ‘tertular virus’ custom motor dari temannya yang mengenalkan Darto dengan motor-motor buatan Deus ex Machina.

Darto sudah sekitar tujuh tahun mengenal dan menggeluti dunia motor custom, dan menyukai beberapa aliran seperti tracker, scrambler, dan bobber. Ia sendiri pernah memiliki motor beraliran scrambler dan bobber.

Baginya, tantangan nomer satu ketika membangun motor custom adalah bagaimana caranya membangun motor custom yang nyaman dan layak dikendarai.

“Bahasa kerennya street legal. Karena motor custom sudah sangat terkenal dengan “keren difotonya, pegel bawanya,” ungkap Darto sembari tertawa. Ia mengaku merasakan langsung pengalaman “kepegalan” mengendarai motor custom.

Ucup, seorang penggiat motor custom dari Lawless Garage, berbagi tips untuk teman-teman yang ingin membangun motor custom. Salah satu yang ia tekankan adalah dalam memilih bentuk dan proporsi ban yang pas.

Ucup yang sedang mengerjakan project pengerjaan motor beraliran flat track ini memilih menggunakan ban Corsa Cross S. Ia mengatakan kalau ban ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan motor custom, terutama motor tipe flat track yang menggunakan ban dual purpose.

“Dari desainnya memang bisa buat harian, terus compound-nya juga dia (Corsa Cross S) lebih bagus, tekstur pattern-nya lebih dalam, jadi lebih nyaman dan awet,” ungkap Ucup.

Lebih lanjut Ucup juga menjelaskan bahwa ban ini memiliki profil yang tinggi, memungkinkan ban ini untuk dipasangkan dengan motor gaya flat track yang akan dipakai harian.

Gofar Hilman juga mengatakan hal yang sama terkait pemilihan ban untuk motor custom. Ia mengatakan bahwa memilih ban ibarat memilih sepatu.

“Ban itu ibarat sepatu, jadi ketika dandan, kalau gue lihat pasti sepatunya dulu. Apakah sepatu itu keren atau tidak,” ungkap Gofar Hilman, yang terkenal sebagai seniman sekaligus Youtuber dan kerap membahas otomotif berkaitan dengan musik dan aksesorisnya.

Lebih lanjut Gofar mengatakan kalau velg dan ban itu adalah hal wajib yang dilakukan untuk modifikasi motor, dan Corsa Cross S, dengan tampilan yang gahar dan keren sangat menunjang untuk mereka yang hobi custom di Indonesia. Apalagi ban ini bisa digunakan di semua medan.

Tak mau ketinggalan, Corsa juga turut ambil andil dalam momen cultural movement motor custom ini. Sebagai salah satu produk ban sepeda motor asli Indonesia yang sangat dekat dengan pangsa pasar anak muda, Corsa melihat ini adalah kesempatan yang bagus untuk mendorong kiprah bengkel custom lokal.

Brand ini pun menghadirkan produk ban yang sangat bisa dipakai sebagai bagian dari motor custom yang mereka bangun, antara lain penggunaan ban Corsa R93 bisa digunakan untuk motor custom aliran cafe racer, ataupun Corsa Cross S yang sangat cocok dipakai untuk motor custom aliran flat track atau scrambler.

Kalau kamu tertarik mengetahui cara dan tahapan custom motor bisa cek lebih lengkap di sini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini