News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ototips: Hindari Men-Sliding dengan Kasar Agar Jok Mobil Tidak Cepat Rusak

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Untuk memaju-mundurkan jok, sebaiknya lakukan dengan cara halus. Pemilik mobil juga sebaiknya menjaga agar benda asing tidak masuk kedalam rel sliding jok.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mekanisme jok mobil sering dilupakan pemilik mobil. Mekanisme jok mobil memang bukan komponen mobil yang perlu perawatan rutin, tapi kerap kerusakan terjadi akibat kesalahan pemakaian.

Contohnya saat mengatur sudut sandaran (reclining) atau memaju-mundurkan (sliding) jok mobil dilakukan dengan cara yang kasar.

"Kerusakan komponen ini biasanya karena saat pengaturan reclining atau sliding jok, roda gigi dan komponen pengunci menjadi macet karena salah pemakaian," kata Herry Sutarto, pemilik Lumens di Ruko Villa Delima, Jakarta Selatan, dikutip GridOto.com.

Begitu juga ketika proses sliding atau menggeser jok maju-mundur. Sebaiknya Anda membuka tuas penguncinya dan menariknya hingga penuh.

Baca: Elon Musk Batalkan Rencana Tesla Go Private

Kemudian, untuk memaju-mundurkan jok, sebaiknya lakukan dengan cara halus. Pemilik mobil juga sebaiknya menjaga agar benda asing tidak masuk kedalam rel sliding jok.

"Biasanya kalau ada kotoran bisa membuat macet rel. Supaya lancar lagi bisa dengan menyemprotkan cairan penetran pada rel atau engselnya," lanjut Herry.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini