News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mobil ‘Zaman Now’ Wajib Punya 4 Fitur Ini Agar Selamat di Jalan

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM – Mau seberapa pun canggihnya mobil anda, jika tidak memiliki fitur keselamatan yang mumpuni tentu belumlah sempurna.

Sebagai pembeli mobil cerdas, hendaknya tidak hanya melihat dari sisi eksterior dan interior saja. Paling tidak mobil ‘zaman now’ harus memiliki 4 teknologi keselamatan, baik aktif maupun pasif. Penasaran kriteria keselamatan seperti apa yang wajib dimiliki mobil anda?

Sabuk Pengaman Tiga Titik

Kebanyakan pengemudi sudah merasa aman jika mobil dibekali dengan airbag yang menunjang keselamatan pengemudi dan penumpang. Padahal fungsi kantung udara hanyalah sebagai alat bantu, bukan fitur utama.

Fungsi sabuk pengaman membuat pengendara dan penumpang di mobil tidak terlempar ketika terjadi benturan, benda ini akan membuat penumpang terikat di bangku.

Sabuk pengaman yang sedang tren sekarang ini adalah sabuk pengaman tiga titik. Sabuk baru ini dapat menjaga tubuh atas dan bawah dengan baik dan aman pada saat terjadi kecelakaan. Pada jenis mobil Low MPV, Toyota Avanza lah yang pertama kali mengaplikasikan sabuk pengaman 3 titik pada 7 kursinya.

Anti-Lock Braking System (ABS)

ABS merupakan sistem pengereman dan pencegah slip saat melaju di lintasan licin ataupun belokan tajam. Sistem kerja ABS berfungsi untuk mencegah roda terkunci saat pengemudi menginjak rem secara mendadak. Toyota New Yaris sudah dilengkapi dengan fitur pengereman ini.

Downhill Assist Control (DAC)

Tidak hanya fitur HSA (Hill-Start Assist) yang harus ada pada mobil, begitu pula dengan fitur DAC.

Jika HSA dapat mencegah mobil mundur ke belakang pada medan yang tinggi, DAC berfungsi untuk membuat anda lebih aman dan nyaman saat menuruni bukit termasuk ketika dibawa untuk aktivitas off-road. Biasanya mobil SUV dilengkapi dengan fitur ini, salah satunya Toyota New Fortuner.

Emergency Brake Signal

Terakhir tetapi tetaplah penting. Fitur ini secara otomatis aktif ketika pengemudi melakukan pengereman mendadak. Tujuannya, sebagai peringatan kepada kendaraan di belakang agar bersiap ikut mengerem lebih keras pula.

Emergency Brake Signal dapat mencegah terjadinya tabrakan beruntun akibat pengemudi di belakang terlambat mengantisipasi keadaan. Menariknya, mobil Toyota Rush sudah dibekali dengan fitur ini.

Masih banyak fitur-fitur keselamatan lainnya yang wajib ada di mobil ‘zaman now’. Toyota terus menyempurnakan masing-masing produknya dengan fitur keselamatan yang lengkap. Tak heran, Toyota terus unggul dibanding mobil sekelasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini