News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Alur U Busi untuk Pengapian Busi Sempurna!

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Di market, tak jarang dijumpai spark plug (busi) yang memiliki alur U pada elektroda netralnya. Tapi, sering juga ditemukan busi yang tidak memiliki alur U pada elektroda netralnya. Lantas, apakah perbedaan dari busi yang memiliki alur U dan busi yang tidak memiliki alur U pada elektroda netralnya? Apakah akan berpengaruh terhadap performa dari pembakaran yang dihasilkan oleh busi?

Menanggapi hal ini, Technical Service PT Denso Sales Indonesia, Joko Pratikno mengatakan bahwa bentuk U pada elektroda dikembangkan untuk menyempurnakan pembarakan sehingga mengoptimalkan kinerja mesin dan menambah efisiensi pemakaian bahan bakar kendaraan.

"Salah satu keistimewaan busi DENSO adalah alur “U” yang unik pada elektroda netralnya," tambah Joko.

Alur U pada elektroda netral busi dapat membantu busi dalam menyempurnakan pembarakan. Alur bentuk U pada elektroda netral akan memperbesar bola api yang dihasilkan tanpa harus memperbesar jarak inti elektroda dengan elektroda netral. Hal ini mempermudah penyebaran inti bola api yang selanjutnya akan menambah energi pembakaran.

Lebih lanjut, Joko mengatakan, pada busi tanpa alur “U” atau busi biasa, metode untuk memperbesar bola api adalah dengan cara menambahkan jarak elektroda (celah busi), hal ini akan memberikan efek yang kurang baik pada loncatan bola api.

Tambahnya, pria yang berkantor di Jalan Gaya Motor 1 No. 6 ini mengatakan, jika celah busi terlalu rapat kemungkinan mesin akan cepat overheat karena pengapian yang terlalu cepat. Apabila terlalu renggang, pengapian menjadi tidak stabil dikarenakan hantaran listrik terlalu jauh ke eletrodanya. Disarankan kepada pengguna motor untuk menggunakan busi standard dan tidak melakukan pengaturan pada celah busi sesua standar pabrikan.

Sedangkan pada busi dengan alur “U”, bola api bisa besar tanpa dengan memperbesar jarak elektroda netral dengan elektroda positif. Sehingga, busi dengan alur “U” lebih memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan pengapian sempurna tanpa mengubah atau memodifikasi bentuk dan standard asli dari pabrikan. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini