News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Beda dengan di Indonesia, di Amerika Biaya Sewa Motor Harley Davidson Sangat Murah

Penulis: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sahat Manalu, Dealer Principal Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di Indonesia, bisnis penyewaan motor gede alias moge belum terlihat menggeliat meski pasar konsumen moge di Tanah Air terbilang besar.

Ini terbukti dari banyaknya merk moge yang dipasarkan sejumlah distributor utama moge di Tanah Air, baik moge buatan Amerika, Eropa maupun Jepang dan negara lain.

Berbeda dengan di Indonesia, di Amerika Serikat, bisnis sewa menyewa moge sudah menjadi hal lumrah.

Siapa saja yang ingin memuaskan hobi touring tak perlu membeli moge dulu. Karena, bisa dengan cara menyewa, bisa harian, mingguan bahkan untuk jangka waktu lama.

Relatif banyaknya jaringan gerai atau outlet penyewaan moge di AS juga membuat penyewa amat dimanjakan. Misalnya, menyewa moge di Kota Los Angeles, unit motornya bisa dikembalikan lagi berikut kunci dan surat-suratnya ke outlet penyewaan moge yang terdapat di kota lain.

Pengalaman asyik menyewa moge untuk touring sampai puas di negeri orang dirasakan sendiri penghobi naik moge, Sahat Manalu.

Sahat Manalu

"Biaya sewa motor di sana cukup murah karena harga jual motor Harley di sana nggak semahal di sini. Biaya sewa hanya 120 dolar saja per hari dengan kilometer yang unlimited," ungkap Sahat Manalu dalam perbincangan dengan Tribunnews di sela konferensi pers kompetisi balap drag race khusus moge 'Indonesia Drag Wars' di gerai Anak Elang Harley Davidson of Jakarta, Minggu (11/11/2018).

Sahat menjelaskan, karena kena pajak tinggi, harga jual motor Harley Davidson di Indonesia bisa tiga kali lipat dari harga model yang sama di AS.

Baca: Indonesia Drag Wars, Kompetisi Balap Drag Race Moge Kembali Digelar di Sirkuit Rumpin, Bogor

"Di Amerika Serikat, Harley Davidson punya biisnis penyewaan motor dengan jaringan outlet yang banyak," ungkap Sahat  Manalu.

"Konsumen di sana bisa sewa motor, kalau sudah selesai masa sewanya, motornya bisa diserahkan atau dikembalikan di cabamg outlet saat dia menyewa atau dikembalikan di outlet Harley Davidson di kota mana saja," lanjut Sahat Manalu yang sehari-hari adalah Sahat Manalu, Dealer Principal Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta ini.  

Baca: Puncak Rangkaian Intersport World Stage Akan Digelar Akhir Pekan Ini di The District Street, BSD

"Manajemen bisnis penyewaan motor Harley di sana sangat bagus. Soal surat izin mengemudi moge di sana buat kita yang WNI, cukup pakai SIM yang biasa kita pakai di Jakarta saja. Itu sudah bisa digunakan (untuk mengemudikan motor Harley) di sana," bebernya.

Sahat Manalu. menambahkan dalam waktu dekat dirinya dan sejumlah penggila moge Harley akan mengikuti pawai ribuan motor keliling kota Milwaukee.

"Kita juga akan sewa motor saja di sana karena kalau bawa motor Harkey dari Indonesia urusan custom-nya lama. Sewa atau naiki motor HD punya sendiri, setelan motornya tetap sama meski motornya sudah dikustomisasi," imbuhnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini