News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ingin Ukur Ground Clearance pada Mobil? Begini Caranya

Penulis: Gagah Radhitya Widiaseno
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ground Clearance Toyota Avanza Veloz

TRIBUNNEWS.COM - Seringkali ketika kalian sedang melihat brosur-brosur mobil di pameran, pernah membaca ground clearance. Lalu apasih maksud dari kata ground clearance itu sendiri?

Secara harfiah, ground clearance adalah jarak terendah komponen mobil ke permukaan jalan atau tanah.

Tentu komponen mobil yang dimaksud adalah komponen selain ban yang merupakan satu-satunya komponen di mobil yang menyentuh permukaan jalan.

Dengan adanya informasi ground clearance, maka bisa tergambar bagaimana kapabilitas mobil itu saat melaju di permukaan jalan yang rusak atau penuh lubang dan rintangan.

Lagi viral, beredar foto Toyota Avanza & Daihatsu Xenia baru padahal belum dilaunching. Namun Kami prediksi, besar kemungkinan Avanza dan Xenia 2019 nanti hanyalah sekadar major facelift dan bukan full model change. Menurutmu gimana, Sob? Silakan dikomentari. Yuk simak berita otomotif menarik lainnya di GridOto.com (klik link di bio) #toyota #toyotaavanza #avanza #toyotaavanza2019 #daihatsu #daihatsuxenia #mobilbaru #mpv #gridoto #gridmotor #otomotif #otomania #motorplus #jip #otomotifweekly #gridnetwork Sc: @indra_fathan

Lalu bagaimana cara mengukur ground clearance itu sendiri? Sebenarnya sih cukup mudah kok.

Seperti kita tahu, komponen yang memiliki jarak terdekat dengan tanah adalah sistem knalpot alias exhaust system. Lebih jelasnya, komponen itu adalah center muffler. Dari sinilah ground clearance dihitung.

Semakin tinggi ground clearance, semakin aman pula mobil tersebut dari potensi kerusakan komponen di bagian kolong mobil.

Karena komponen tersebut tidak mudah berbenturan dengan rintangan, batu, atau apa pun itu di permukaan jalan berkat posisinya yang tinggi.

Seperti mobil Toyota Avanza yang memiliki ground clearance 200 mm dari permukaan jalan.

Dengan angka segitu, bisa dikatakan Toyota Avanza memiliki ground clearance ideal dan cocok untuk digunakan di segala medan.

Pengemudi pun tak takut dengan risiko lecet pada bagian bawah Toyota Avanza, dan penumpang tetap nyaman untuk menikmati perjalanan. (SENO/GRIDOTO)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini