News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ini Nih Fakta Unik Mobil Sejuta Umat di Indonesia

Penulis: Ilham F Maulana
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Toyota Grand New Avanza

TRIBUNNEWS.COM- Orang Indonesia tentu kenal dengan mobil LMPV Toyota Avanza. Dinobatkan sebagai mobil dengan penjualan tercepat dan terlaris di Indonesia sehingga dijuluki ‘mobil sejuta umat’.

Toyota Avanza yang sudah lebih dari 15 tahun hadir dan memeriahkan pasar otomotif di nusantara, ternyata menyimpan sejumlah sejarah dan fakta dibaliknya.

Selama 15 tahun itu pula Toyota Avanza terus berbenah diri dan melakukan penyegaran untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia.

Maka tak heran ketika Toyota Avanza masih menjadi incaran banyak konsumen di Indonesia.

Berikut adalah deretan fakta-fakta unik yang ada dibalik mobil hasil pabrikan dari Toyota Astra Motor ini.

1. Sesuai julukan, mobil ‘Sejuta Umat’

Ternyata panggilan untuk Toyota Avanza sebagai mobil ‘Sejuta Umat’ bukanlah isapan jempol saja. Semenjak peluncurannya di tahun 2003, Avanza sudah menjadi primadona di kalangan public luas.

Di usia ke-15 tahunnya, penjualan Toyota Avanza mencapai angka lebih dari 1,7 juta, Tentunya itu bukan angka yang sedikit.

Kalau dilihat dari angka itu, sudah lebih dari sejuta unit Avanza tersebar yang artinya juga ada sejuta umat yang mengendarai mobil ini.

2. Mobil LMPV murah muncul di tengah krisis

Masih ingat dengan krisis keuangan atau moneter Indonesia di tahun 1998? Karena krisis yang bersifat masif itu mengakibatkan nilai tukar Rupiah dengan mata uang Dollar AS menjadi turun signifikan.

Hal ini enggak cuma berdampak di sektor inflasi harga kebutuhan pokok saja, bahkan berimbas ke harga-harga mobil pada saat itu. Maka dari hal tersebut Toyota menghadirkan mobil dengan tipe LMPV terjangkau sehingga bisa menyesuaikan kebutuhan dan kantong masyarakat Indonesia kala itu.

 3. Harga bekas pernah lebih dari harga baru

Pernah ketemu kendaraan bekas atau seken yang harganya diatas harga barunya, tetapi masih laku dibeli? Yap, Toyota Avanza adalah salah satu contohnya.

Pada tahun pertama debutnya di Indonesia yakni tahun 2003-2004, Toyota Avanza seperti laku keras. Karena permintaan yang cukup tinggi waktu itu, antrian pemesanan Toyota Avanza bisa mencapai 6 bulan lamanya. Karena bisa saking lamanya menunggu, Toyota Avanza bekas sempat dijual diatas harga baru yang sekitar Rp 80-90 juta saat itu.

4. Burj Khalifa ditumpuk tiga, masih kalah tinggi

 Burj Khalifa yang terkenal sebagai gedung pencakar langit tertinggi di dunia ini, ternyata masih kalah tinggi dengan Avanza. Kalau jumlah Toyota Avanza dari tahun awal produksi hingga sekarang ditumpuk maka ketinggian Burj Khalifa masih jauh tertandingi.

 Bahkan jika Burj Khalifa ditumpuk tiga pun jumlah Toyota Avanza selama 15 tahun masih melebih tinggi gedung itu sekaligus.

Lagi viral, beredar foto Toyota Avanza & Daihatsu Xenia baru padahal belum dilaunching. Namun Kami prediksi, besar kemungkinan Avanza dan Xenia 2019 nanti hanyalah sekadar major facelift dan bukan full model change. Menurutmu gimana, Sob? Silakan dikomentari. Yuk simak berita otomotif menarik lainnya di GridOto.com (klik link di bio) #toyota #toyotaavanza #avanza #toyotaavanza2019 #daihatsu #daihatsuxenia #mobilbaru #mpv #gridoto #gridmotor #otomotif #otomania #motorplus #jip #otomotifweekly #gridnetwork Sc: @indra_fathan

 5. Mobil merek Jepang, rasa lokal

Meski merek dagang yang digunakan Toyota berasal dari Jepang, tetapi Toyota Avanza tetap terasa lokal Indonesia. Dari jumlah keseluruhan bahan yang digunakan untuk perakitan sebanyak 90% diproduksi dalam negeri. Makanya, Toyota Avanza dari segi teknologi pun menyesuaikan dengan kondisi jalan dan juga kontur di Indonesia. (Ilham/ GridOto.com)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini