News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Indonesia Electric Motor Show 2019 Berakhir, BPPT: Mari Kurangi Impor BBM

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Fajar Anjungroso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Booth Toyota Astra Motor (TAM) memamerkan di pameran kendaraan elektrifikasi Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 yang diselenggarakan BPPT, 4-5 September 2019 di Balai Kartini, Jakarta.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM - Deputi Bidang Teknologi Informasi Energi dan Material (TIEM) BPPT, Eniya Listiani Dewi secara resmi menutup pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 di Puspitek Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (7/9/2019).

Sesi penutupan dimulai dengan konvoi 70 kendaraan listrik diikuti 140 peserta dari BPPT Thamrin ke BPPT Serpong.

“Upaya kendaraan listrik ini adalah upaya pengurangan impor BBM. Dengan adanya pemanfaatan kendaraan bermotor listrik ini maka kita herus memperhitungkan bahwa life time atau hidup kita lebih panjang,” kata Eniya.

Tidak hanya menekan penggunaan bahan bakar minyak, kendaraan listrik juga sebagai solusi pengurangan polusi udara yang makin tinggi.

Baca: Puspitek Wacanakan Ubah Esemka Jadi Kendaraan Listrik

Saat ini tingkat polusi khusnya di ibu kota hampir 70 persen akibat dampak energi fosil.

“Sudah saatnya kita memikirkan penerus bangsa untuk hidup lebih lama melalui upaya zero emisi,” ucapnya.

IEMS 2019, pameran khusus kendaraan bermotor listrik pertama di Indonesia merupakan inisiasi dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dengan tajuk “Electric Vehicle for Smart Transportation”.

Ajang pameran dan seminar ini rencananya dilaksanakan di dua lokasi berbeda, yaitu di Kartika Expo Balai Kartini Jakarta, pada 4-5 September 2019 dan di Kantor BPPT Serpong pada 7 September 2019.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan IEMS 2019 merupakan upaya atau inisiatif memperluas pemahaman masyarakat Indonesia mengenai kendaraan bermotor listrik sebagai salah satu contoh disruptive technology terbaru.

“Acara ini mempunyai misi untuk menggugah kesadaran masyarakat bahwa penggunaan kendaraan yang bersifat ramah lingkungan sudah sepatutnya mendapat tempat di masyarakat. Respon positif dan antusias masyarakat secara luas, saya harapkan dapat tercermin dalam kegiatan ini,” jelas Hammam.

IEMS 2019 menampilkan berbagai kendaraan listrik maupun hybrid, beragam komponen pendukung, baterai, charging station, hingga test drive kendaraan listrik.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini