News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

11 Tips Bengkel CARfix untuk Tangani Mobil yang Habis Terendam Banjir

Penulis: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

jangan menghidupkan atau menstarter mobil terendam banjir. Jika dipaksa di-starter, besar kemungkinan terjadi korslet pada bagian kelistrikan.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Banjir besar yang melanda kawasan Jabodetabek tidak hanya menimbulkan korban jiwa tapi juga rusaknya hunian warga sampai kendaraan yang ikut hanyut atau terendam lumpur karena tingginya volume air.

Jaringan bengkel mobil umum CARfix membagikan 11 tips menangani mobil yang terendam banjir agar terhindar dari kerusakan yang lebih parah akibat salah penanganan.

Fadly Hasan, Marketing Director CARfix, mengatakan tips ini dapat dilakukan sendiri di rumah. Apa saja?

Pertama, jangan menghidupkan atau menstarter mobil terendam banjir. Jika dipaksa di-starter, besar kemungkinan terjadi korslet pada bagian kelistrikan.

Kedua, lepaskan kabel aki untuk menghindari terjadinya korsleting, mulai dari bagian minus. 

Ketiga, bersihkan eksterior dan interior mobil dari lumpur tanpa menghidupkan mesin, terutama karpet bawah dan jok. 

Keempat, keringkan mobil. Kelima, buka filter angin. Keenam, buka dan ambil busi, bila ada kompresor, pakailah kompresor supaya lebih bersih. 

Ketujuh, cek kondisi oli mesin. Buang oli mesin dan biarkan baut tetap terbuka. Setelah terendam banjir, biasanya pelumas tercampur dengan air sehingga harus diganti.

Kedelapan, keringkan lubang busi atau ruang bakar, tempat sikring, dan komponennya dengan kompresor. 

Kesembilan, cek tangki bahan bakar. Pastikan bensin/solar tidak tercampur air. Jika tercampur air, buang dan bersihkan tangki. Bila kesulitan menguras tangki, silahkan menghubungi bengkel terdekat.

Kesepuluh, setelah memastikan komponen-komponen tersebut kering dan bersih, isi dengan pelumas baru. Lalu pasang filter angin baru, lalu pasang kembali kabel aki yang telah dilepas tadi.

Kesebelas jika semua langkah di atas sudah dilakukan, mesin mobil siap di-starter.

"Jika Anda ragu untuk melakukan pengecekan dan penanganan mobil yang terendam banjir secara mandiri, pastikan tidak menghidupkan mesin mobil dan segera hubungi bengkel terdekat dari rumah," saran Fadly Hasan. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini