News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pakai Pertamax Bikin Mesin Mobil Awet Ketimbang Pertalite, Ini Penjelasan Mekanik

Penulis: Andra Kusuma
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ratusan kendaraan mengantri untuk membeli bahan bakar Pertamax dalam acara 'HUT Mandiri ke 20 Beli Pertamax 20 Liter Hanya 20 Ribu' di Jalan Pemuda Kota Semarang, Jawa Tengah,Selasa (2/10/2018). Tribun Jateng/Hermawan Handaka

TRIBUNNEWS.COM - Banyak cara yang dilakukan oleh pemilik kendaraan guna meningkatkan performa tunggangannya.

Salah satu yang sering dilakukan dan paling simpel, yakni menggunakan bahan bakar minyak (BBM) dengan nilai oktan lebih tinggi dari standar.

Banyak yang percaya dengan menggunakan bensin dengan Research Octane Number (RON) tinggi otomatis akan membuat pembakaran di ruang mesin menjadi lebih sempurna.

Dengan begitu, maka performa mesin juga akan lebih bagus dibandingkan ketika menggunakan bensin dengan oktan rendah.

Sebenarnya, seberapa pengaruh nilai oktan BBM terhadap performa kendaraan? Menanggapi hal itu, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, sebenarnya dalam penggunaan bahan bakar untuk kendaraan yang paling bagus sesuai dengan kompresinya.

“Yang tidak terlalu tinggi atau pun terlalu rendah, karena baik terlalu tinggi atau rendah akan ada efeknya terhadap mesin,” kata Didi kepada Kompas.com, Minggu (15/11/2020).

Didi menambahkan, misalkan saja kendaraan menggunakan bensin dengan RON lebih tinggi. Menurutnya, bisa saja akan berpengaruh terhadap performa mesinnya karena pembakaran yang terjadi bisa lebih sempurna.

“Tetapi, efeknya juga ada yakni membuat mesin menjadi lebih panas yang disebabkan karena bahan bakar yang digunakannya,” ujar Didi.

Kondisi tersebut justru bisa berdampak pada keawetan komponen kendaraan.

Misalkan knalpot gampang keropos atau pun komponen lainnya seperti seal, bearing yang cepat aus.

Baca Selanjutnya ==>

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini