News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Fokus Pasar Lokal, Yamaha Belum Akan Ekspor Skutik Fazzio Produksi Karawang

Penulis: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Line up skutik Yamaha Fazzio Hybrid Connected yang digunakan di media test ride menempuh jarak 19,9 kilometer mengitari kota Bogor, Kamis (3/3/2022).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Yamaha menyatakan belum akan melakukan ekspor Yamaha Fazzio Hybrid Connected ke pasar luar negeri meski peluang tersebut ada. Alasannya, mereka masih fokus menggarap permintaan pasar lokal yang saat ini sedang tinggi sejak peluncurannya pada pertengahan Januari 2022 lalu.

"Kita belum akan diekspor, kita akan fokus garap pasar domestik dulu karena respon pasar sangat bagus dan konsumen harus inden sehingga kami harus menaikkan kapasitas produksi," kata Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing di sela acara test ride Yamaha Fazzio Hybrid Connected di Kota Bogor, Kamis (3/2/2022).

Anton mengatakan, dari sisi kemampuan, Yamaha Indonesia sebenarnya sanggup melakukan ekspor skutik 125 cc ini. Namun hal itu harus mendapat dukungan dulu dari prinsipal Yamaha di Jepang.

"Kami dari sisi kapasitas dan sumber daya, kami bisa melakukan ekspor sepanjang ada permintaan dari negara lain dan dapat persetujuan dari prinsipal," ujarnya.

Yamaha Fazzio diproduksi di pabrik baru Yamaha di Kawasan Industri KIIC (Karawang International Industry City), Karawang, Jawa Barat, oleh PT Yamaha Motor Manufacturing West Java (YMMWJ)

Selain memproduksi Fazzio, pabrik ini juga merakitmotor matik dan motor bebek seperti Jupiter Z1, Vega ZR, Mio J, Mio Fino dan Soul GT. Sedangkan motor Jupiter MX, Xeon dan motor sport Yamaha masih diproduksi di pabrik Yamaha di Pulogadung.

Pabrik PT YMMWJ berdiri pada 23 November 2004 di atas lahan seluas 35,6 hektar dengan luas bangunan19,5 hektar.

Baca juga: Murah, Biaya Perawatan Skutik Yamaha Fazzio Nggak Sampai Cepek

Menurut Anton, pesanan konsumen terhadap Fazzio saat ini terus meningkat sejak peluncurannya medio Januari lalu. Pesanan tersebut berasal dari konsumen yang datang langsung ke diler dan mereka yang memesan via online.

Line up skutik Yamaha Fazzio Hybrid Connected yang digunakan di media test ride menempuh jarak 19,9 kilometer mengitari kota Bogor, Kamis (3/3/2022). (TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN)

Pihaknya berusaha secepatnya memenuhi pesanan tersebut. "Konsumen di Jakarta dalam seminggu sudah terima motornya. Kami sudah mulai lakukan pengiriman," ungkapnya.

Kategori Baru

Yamaha Fazzio Hybrid Connected merupakan line up baru alias keluarga baru di jajaran skutik Yamaha. Lewat produk ini, Yamaha menciptakan kategori baru di kelas skutik, yakni Classy Yamaha, dengan menghadirkan berbagai keunggulan seperti desain baru yang simpel dan modern, serta teknologi terbaru pada mesinnya yang mengadopsi teknologi Hybrid Blue Core.

Baca juga: Skutik Yamaha Fazzio Hybrid-Connected Ludes Terjual 1.000 Unit dalam 5 Jam Pertama

Skutik ini juga dilengkapi dengan Yamaha Motorcycle Connect yang mendukung generasi muda saat ini untuk selalu terkoneksi dengan smartphone lewat aplikasi Y-Connect.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini