News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ada Keterlambatan Tampilan Kamera Belakang, Tesla Tarik 947 Kendaraan di AS

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Badan Keselamatan Lalu Lintas Amerika Serikat (NHTSA) menyatakan, sejak 2016 setidaknya telah terjadi 30 kasus kecelakaan dengan 10 korban jiwa akibat penggunaa fitur Autopilot di mobil Tesla.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA) melaporkan produsen EV, Tesla Inc menarik sebanyak 947 kendaraan di Amerika Serikat karena gambar tampilan pada kamera belakang tidak segera muncul saat mobil mulai bergerak mundur.

Penarikan ini juga didasari karena kendaraan tidak sesuai dengan standar keselamatan federal pada visibilitas belakang kendaraan.

Baca juga: Ini yang Perlu Anda Ketahui Tentang Teknologi Canggih Tesla Supercharger

Tesla mengatakan, penarikan tersebut mencakup beberapa jenis kendaraan Model S, Model X dan Model 3 2018-2019 yang dilengkapi dengan Autopilot Computer 2.5. Produsen mobil ini menambahkan akan melakukan pembaruan perangkat lunak over-the-air untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi.

"Selama minggu berikutnya, penyelidikan teknik terhadap kondisi tersebut mengidentifikasi kesalahan perangkat lunak sebagai penyebab potensial untuk penilaian lebih lanjut." ujar Tesla menanggapi masalah ini, yang dikutip dari laman Reuters.com.

Baca juga: Harga Mobil Tesla Kembali Naik, Ini Rinciannya untuk Setiap Model yang Dijual

Menurut pernyataan dari NHTSA, tertundanya tampilan kamera belakang dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan. Dalam beberapa bulan terakhir, Tesla telah menghadapi serangkaian penarikan akibat masalah yang berkaitan dengan perangkat lunak mereka.

Pada bulan Februari lalu, Tesla juga menarik sekitar 578.607 unit kendaraan di Amerika Serikat, akibat fitur Boombox memutar musik atau suara yang terlalu keras, sehingga pejalan kaki tidak dapat mendengar suara peringatan saat mobil akan mendekat.

NHTSA dan Tesla telah melakukan pembicaraan sejak 9 Februari lalu, untuk meninjau keluhan konsumen terkait tampilan kamera belakang yang tertunda bahkan tidak tersedia. Tesla bahkan telah melakukan serangkaian pengujian mengenai kendala ini.

Produsen mobil ini mengatakan, penarikan ini dilakukan untuk melihat apakah ada upaya ketidakpatuhan saat proses pengujian pada kendaraan yang terpengaruh.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini