News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Skuter Listrik Yamaha E01 Sudah Dilengkapi Y-Connect, Intip Fitur-fiturnya

Penulis: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Skuter listrik Yamaha E01 sudah dilengkapi konektivitas Y-Connect.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Skuter listrik Yamaha E01 yang resmi diperkenalkan ke pasar lokal di Indonesia, Jumat (22/4/2022) kemarin di kantor pusat Yamaha Indonesia di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, sudah dilengkapi dengan teknologi digital Y-Connect.

Mekanisme konektifitas Y-Connect pada E01 sudah tidak lagi menggunakan bluetooth untuk terkoneksi dengan smartphone untuk mengirimkan data ke server aplikasi Y-Connect.

Di skutik ini sudah ditanamkan SIM Card sehingga E01 dapat langsung mengirimkan data ke server aplikasi Y-Connect.

Fungsi menu pada Y-Connect di motor E01 mencakup informasi kendaraan, riwayat berkendara, konsumsi daya, lokasi parkir, pengaturan.

Informasi Kendaraan

Ini mencakup beragam informasi yaitu jarak terakhir berkendara, estimasi jarak yang dapat ditempuh oleh kendaraan, tanggal data didapatkan, terkait level atau kapasitas baterai indikator akan berubah warna sesuai dengan daya tersisa.

Yamaha E01 (dok. YIMM)

Yakni, > 21% →Green, <= 20% → Orange. Indikator “LOW” muncul jika daya tersisa 5 persen.'

Saat dilakukan pengisian daya, aplikasi akan menampilkan estimasi waktu pengisian daya sampai baterai terisi penuh, menampilkan total jarak tempuh berkendara dan memberikan notifikasi saat terjadi kerusakan dan mempermudah inspeksi di dealer.

Baca juga: Yamaha Resmi Kenalkan Skuter Listrik E01 di Indonesia Setelah Tampil Perdana di IIMS

Riwayat Berkendara

Y-Connect bisa menyimpan riwayat berkendara Anda seperti kecepatan rata-rata selama berkendara, jarak dari lokasi awal sampai ke tujuan, tanggal berkendara, jalur berkendara akan terekam di aplikasi, lama waktu berkendara sampai ke tujuan, konsumsi daya yang digunakan selama perjalanan.

Konsumsi daya

Menampilkan grafik konsumsi daya dalam satuan bulan atau tahun dan juga ada tampilan grafik konsumsi daya per satu hari dengan tanggal, konsumsi daya, jarak tempuh, kecepatan rata-rata.

Lokasi parkir

Tanggal aplikasi mendapatkan data, posisi parkir (menampilkan lokasi terakhir sepeda motor. Selama 24 jam posisi parkir akan terupdate), menampilkan lokasi konsumen saat ini (smartphone). Akurasi GPS bergantung pada signal GPS di tempat parkir.

Y-Connect akan mengirimkan notifikasi via email kepada pengguna dan memberikan notifikasi di web saat pengisian daya selesai atau terjadi permasalahan saat pengisian daya.

Baca juga: Maaf, Yamaha E01 Masih Sebatas Ngetes Minat Pasar, Belum Akan Buru-buru Dijual

Yamaha E01 memiliki ukuran panjang 1.930 mm, lebar 810 mm, dan tinggi 1.190 mm dengan ketinggian posisi duduk ke tanah 755 mm.

Yamaha E01 merupakan sepeda motor listrik yang dikembangkan sebagai kelanjutan dari model Yamaha Passol di tahun 2002, Yamaha EC-02 (2005), Yamaha EC-03 (2010), E-Vino (2014), Yamaha EC-05 (2019), dan Yamaha EMF (2022).

Yamaha E01 dilengkapi dengan semua fungsi yang diharapkan dari skuter kelas 125cc dan memiliki performa yang cocok untuk mobilitas jarak pendek hingga menengah (komuter).

E01 adalah model yang sepenuhnya memanfaatkan teknologi dan pengetahuan sepeda motor Yamaha, yang diaplikasikan pada konsep E01.

Hal itu terlihat dari desain futuristik, mengadopsi fixed battery yang bisa di charge dimanapun sesuai keinginan konsumen dengan tiga tipe sistem charging (fast charging, normal charging, portable charging).

E01 sangat nyaman dikendarai dan memiliki fitur canggih dan cerdas yang mendukung mobilitas pengendara. Fitur yang terhubung ke smartphone juga terdapat pada E01.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini