News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Akibat Masalah Rem, Mercedes Recall Hampir 300.000 SUV

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Logo Mercedes-Benz

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Mercedes-Benz akan melakukan penarikan kembali atau recall kepada hampir 300.000 SUV produksinya, setelah ditemukan masalah pada rem mobil.

Model yang masuk ke dalam recall ialah tipe ML-Class, GL-Class dan R-Class produksi 2006-2012. Mercedes telah mulai mengedarkan pemberitahuan kepada pemilik mulai 12 Mei lalu.

Menurut Mercedes, SUV ini dikirimkan dengan booster rem yang dapat terkorosi setelah terpapar kelembaban dalam waktu lama.

Jika korosi terjadi, struktur komponen internal booster rem dapat retak, memungkinkan udara masuk ke sistem pembakaran dan mengurangi efektivitas pengereman.

Baca juga: Dilanda Krisis Pasokan Chip, Nissan Tunda Peluncuran SUV Listrik Ariya B6

Jika tekanan fisik yang cukup ditempatkan pada perangkat keras booster, itu dapat mengalami kegagalan yang akan menyebabkan hilangnya daya pengereman.

Dalam keterangan resminya, Mercedes menyampaikan dalam kasus korosi yang sangat parah yang jarang terjadi, mungkin saja aplikasi pengereman yang kuat atau keras dapat menyebabkan kerusakan mekanis pada booster rem, dimana koneksi antara pedal rem dan sistem rem dapat gagal.

"Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, tidak mungkin memperlambat kendaraan melalui pedal rem. Dengan demikian, risiko kecelakaan atau cedera akan meningkat. Fungsi rem parkir yang diaktifkan dengan kaki tidak terpengaruh oleh masalah ini," jelas Mercedes dikutip dari Autoblog.

Mercedes mengatakan tanda-tanda awal kegagalan pengereman dapat diketahui ketika pedal rem yang lembut atau tanda-tanda udara yang terdengar di sistem pengereman, seperti suara mengisap, mendesis dari pedal adalah indikator potensial minyak rem yang terkontaminasi.

Baca juga: Kekurangan Chip, BMW Kirim Mobilnya ke Pelanggan Tanpa Android Auto dan Apple CarPlay

Mercedes mengatakan pengemudi harus memarkir model yang terkena recall terlebih dahulu sampai mereka dapat diperiksa oleh dealer resmi.

Dealer resmi Mercedes-Benz akan melepas selongsong karet dan memeriksa rumah booster rem pada kendaraan yang terkena dampak.

"Kendaraan yang tidak menunjukkan korosi lanjutan dapat terus dikendarai tanpa tindakan lebih lanjut. Kendaraan yang menunjukkan korosi lanjut akan menjalani tes tambahan untuk memastikan fungsionalitas booster rem.

Kendaraan yang lulus tes tambahan dapat dikendarai hingga dua tahun tetapi harus kembali untuk perbaikan tambahan," ungkap Mercedes.

Baca juga: MINI Cooper Brick Lane Edition Mulai Diluncurkan di Jepang

Kendaraan yang tidak lulus uji tambahan akan memerlukan penggantian booster rem.

"Pemberitahuan stop-drive akan tetap berlaku untuk kendaraan tersebut sampai booster rem diganti. Dalam hal perbaikan diperlukan dan tidak dapat dilakukan segera, Dealer resmi Mercedes-Benz akan membantu mengoordinasikan solusi individual bagi pelanggan, termasuk mobilitas alternatif," imbuhnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini