News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Perkuat Destinasi Desa Wisata, FKL ke-5 Diselenggarakan di Alamendah Bandung

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Mendukung pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Jawa Barat, Festival Kreatif Lokal (FKL) ke-5 diselenggarakan di Desa Wisata Alamendah, Kabupaten Bandung, jawa Barat. Festival ini merupakan gelaran yang terakhir kali dari rangkaian FKL yang menganbgkat tema Desa Wisata Ramah Berkendara yang dimulai sejak Agustus hingga November 2022.

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mendukung pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Jawa Barat, Festival Kreatif Lokal (FKL) ke-5 diselenggarakan di Desa Wisata Alamendah, Kabupaten Bandung, jawa Barat.

Festival ini diselenggarakan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Festival ini merupakan gelaran yang terakhir kali dari rangkaian FKL yang mengangkat tema Desa Wisata Ramah Berkendara yang dimulai sejak Agustus hingga November 2022.

Baca juga: Kemenparekraf Gelar Pelatihan Kewirausahaan Dorong Desa Wisata Mandiri

Direktur Marketing Adira Finance, Swandajani menjelaskan, Desa Alamendah dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan FKL setelah melihat berbagai potensi yang dimiliki desa ini dan dapat dikembangkan kearah lebih baik ke depannya.

Begitu juga dengan kriteria pendukung desa wisata yang sudah memadai seperti akses infrastruktur jalan yang sudah beraspal dilengkapi penerangan lalu lintas, stasiun pengisian bahan bakar, dan bengkel otomotif; sumber daya manusia termasuk pelaku ekonomi kreatif, pengelola dan pemandu wisata.

Ekosistem pariwisata di desa ini yang mencakup tempat wisata, akomodasi, ataupun fasilitas lainnya juga sudah tersedia.

"Desa Alamendah ini merupakan desa percontohan tingkat nasional dan terbaik ke-2 Anugerah Desa Wisata Indonesia kategori digitalisasi, alhamdulilah dalam satu minggu ada 3 kunjungan yang datang ke desa kami untuk dijadikan percontohan di daerah lainnya," ujar Kepala Desa Alamendah, Awan Rukmawan

Desa ini memiliki 8700 KK di 30 RW. Alhamdulilah semua warganya harmonis yang membuktikan desa wisata kami ini sebagai desa yang nyaman untuk dikunjungi," kata dia.

Kedepannya pihaknya berharap kegiatan ini dapat terus berkelanjutan dan desa kami menjadi inspirasi berbagai pihak dalam pengembangan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif. "Sekali lagi terima kasih telah memilih desa kami untuk menjadi salah satu destinasi desa wisata ramah berkendara,” ujar Kades.

Swandajani menambahkan, tahun ini merupakan tahun ke-3 penyelenggaraan FKL. Program tersebut meliputi kegiatan literasi dan pendampingan UMKM bertajuk Desa Wisata Kreatif, dan Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara serta Festival Pasar Rakyat.

Swandajani mengatakan, penyelenggaraan FKL 2022 mendapat dukungan pemerintah dan sektor swasta seperti Zurich Asuransi Indonesia, MUFG, Adira Finance Syariah dan Bank Danamon.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini