News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemain Aki Vietnam Makin Agresif Garap Pasar Aftermarket Lokal

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pemenang Display Contest Faster JP.

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasar aki untuk kendaraan di Tanah Air masih terbilang dikuasai merek-merek lokal. Namun, sejak beberapa tahun terakhir, produk aki impor juga mulai mendapatkan tempat di pasar lokal di segmen aftermarket.

Satu di antaranya aki asal Vietnam, Faster JP. Masuk ke pasar Indonesia sejak empat tahun lalu, Faster JP kini menguasai 5 persen pangsa pasar.

Yunus Setiawan, General Manager PT Mitra Kencana Nusantara, sole distributor aki Faster JP mengatakan, produk akinya memiliki pasar yang kuat di berbagai kota di Pulau Jawa dan Sumatera.

Di negaranya di Vietnam, Faster JP merupakan market leader.

Baca juga: Ciri-ciri Aki Motor Mulai Loyo dan Harus Segera Diganti

"Aki ini memiliki kualitas kelas baterai Original Equipment Manufacturer (OEM) pabrikan otomotif dan sudah merambah pasar Indonesia sejak 4 tahun lalu dan dipasarkan di Indonesia melalui PT Mitra Kencana Nusantara sebagai sole distributor," ujar Yunus Setiawan dalam perbincangan dengan Tribunnews, Senin, 30 Januari 2023.

Yunus mengatakan, sampai saat ini perusahaannya sudah memiliki jaringan distribusi penjualan di seluruh Indonesia terutama di kota-kota di Pulau jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi serta Papua.

Pihaknya memasarkan aki untuk mobil dan sepeda motor sekaligus. "Aki yang paling diminati market saat ini adalah aki tipe kering (MF) Faster," ungkapnya.

Menyambut tahun ke-4 kehadirannya di industri pasar otomotif di tanah air, PT MKN menyelenggarakan sebuah program yang mengajak para mitra bisnis menunjukan kreativitas bertajuk Display Contest Faster JP yang menantang kreativitas mereka mendekorasi tokonya semenarik mungkin dengan memanfaatkan karton kemasan Faster JP Battery.

"Tujuannya selain ikut menyemarakkan anniversary ke-4 Faster JP Battery, toko juga dapat menyambut para konsumen yang datang berkunjung ke toko mereka dengan hiasan menarik," ujarnya.

Program ini dijalankan sejak sejak Oktober - November 2022 dengan hadiah puluhan juta dan dimenangkan oleh Voltase Aki (Wates, Yogyakarta) sebagai juara pertama, lalu juara 2 diraih Central Aladin Aki (Batam) dan juara 3 terdiri dari 3 toko masing-masing adalah CV. Juvindo (Pekanbaru), Sentral Aki (Kendari), dan Pajajaran Motor di Bogor.

Yunus mengatakan, selama ini pihaknya sudah cukup sering menggelar sejumlah program untuk mendorong penjualan akinya di Indonesia.

Untuk memperkuat basis pasar aftermarket, pihaknya juga aktif menggelar gathering konsumen dan berpartisipasi di pameran otomotif GIIAS yang diselenggarakan Gaikindo.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini