News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

UD Trucks Berbagi Tips Aman Berkendara ke 1.000 Driver

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pengemudi truk memiliki peran penting dalam rantai pasok logistik kebutuhan sehari-hari masyarakat mulai dari bahan pahgan sampai produk fast moving consumer goods (FMCG). Terlebih saat momen Ramadan dan menjelang Lebaran seperti sekarang, kebutuhan terhadap aneka barang meningkat tajam.

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengemudi truk memiliki peran penting dalam rantai pasok logistik kebutuhan sehari-hari masyarakat mulai dari bahan pahgan sampai produk fast moving consumer goods (FMCG).

Terlebih saat momen Ramadan dan menjelang Lebaran seperti sekarang, kebutuhan terhadap aneka barang meningkat tajam.

Karenanya, pengemudi truk yang membawa kendaraannya dengan aman di jalan menjadi hal yang sangat penting.

UD Trucks berinisiatif membagikan tips berkendara aman di Ramadan ini kepada sekitar 1.000 driver truk Quester, Kuzer dan
Nissan Diesel yang singgah di 10 bengkel cabang UD Trucks di Jawa, Sumatera dan Kalimantan.

Kegiatan ini diselenggarakan UD Trucks Indonesia bersama distributornya, PT Astra International UD Trucks Sales Operations (Astra UD Trucks) berupa
program apresiasi bagi para pengemudi truk Indonesia yang diselenggarakan mulai 12-19 April 2023 di setiap gerai UD Trucks di Pulau Jawa.

Baca juga: Tak Pakai Standar Euro 4, UD Truck Siap Kurangi Emisi dengan Quester Euro 5

Bagi UD Trucks, peran pengemudi truk merupakan salah satu aspek penting di dalam industri angkutan komersial ini.

Program kepedulian terhadap pengemudi truk sudah berlangsung sejak 2018 dan kali ini diwujudkan melalui pembagian sarung, handuk, baju dan topi.

"Harapan kami melalui kegiatan apresiasi ini sebagai bentuk kepedulian terhadap para pengemudi. Seiring dengan padatnya keperluan transportasi untuk kebutuhan logistik menyambut Ramadhan dan dalam menjalankan ibadah puasa, kami dapat memahami betapa besar tantangan yang mereka hadapi dalam menjalankan tugasnya. Kami sangat berharap mereka dapat terus menjaga keamanan dan keselamatan berkendara sehingga dapat merayakan Lebaran bersama keluarga," ungkap Toshihiko Odawara, President Director UD Astra Motor Indonesia dalam keterangan tertulis yang dikutip Kamis, 13 April 2023.

Menurut data Korlantas Polri, terjadi  94.617 kecelakaan lalu lintas di Indonesia pada Januari-September 2022 dengan  kenaikan sebesar 34,6 persen dari 2021.
Hal ini merupakan tantangan yang besar bagi kita semua untuk terus mengutamakan keselamatan dalam berkendara.

"Bagi UD Trucks, keselamatan dalam berkendara ditentukan terutama oleh pengemudi yang berkualitas, artinya selain memiliki kemampuan, pengetahuan yang baik mengenai kendaraannya pengemudi juga harus memiliki sikap dan kedisiplinan yang tinggi dalam mengutamakan keselamatan sebelum, selama dan sesudah berkendara," jelasnya.

Chief Operating Officer Astra UD Trucks, Bambang Widjanarko mengatakan, angkutan truk menjadi salah satu elemen penting dalam distribusi barang dan jasa di Indonesia. Begitu pula dengan tugas seorang pengemudi truk yang cukup berisiko, karenaBIndonesia masih rawan kecelakaan lalu lintas.

"Kegiatan tahun ini dilaksanakan disetiap outlet kami, selain untuk dapat memastikan kendaraan dikerjakan dengan baik oleh para mekanik, kami juga dapat meluangkan waktu mengajak para pengemudi truk mendapatkan tips akan pentingnya keselamatan di jalan sembari menikmati layanan servis yang telah kami sediakan," ujar Bambang.

Dia menambahkan, Astra UD Trucks secara konsisten memberikan pelatihan pengemudi serta mengirimkan pengemudi pelanggan yang terbaik untuk ikut kompetisi pengemudi tingkat dunia. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini