News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ramacharity BSX Workshop: Ramadhan Charity and Edutainment BSX

Editor: Brand Creative Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM - Ramadan menjadi bulan yang sangat spesial untuk umat muslim, tak terkecuali bagi berbagai komunitas atau organisasi yang menggunakan kesempatan ini untuk saling berbagi di bulan Ramadan.

Brothersipx (BSX) kembali menggelar Ramacharity (charity rutin setiap bulan Ramadan) dengan tema Edutainment. Selain memberikan donasi atau santunan, acara kali ini juga menjadi ajang berbagi ilmu.

“Pada Ramadan tahun ini, kami menggandeng teman teman mahasiswa, ada teman teman dari Pengmas Fakultas kedokteran Universitas Lampung dan UKMBS Universitas Malahayati untuk berbagi pengalaman dan wawasan kepada adik – adik panti kita," terang Dea Ladies Bikers BSX yang mengorganisir agenda kali ini.

Sesi pertama setelah perkenalan dengan warga panti, ada kakak Farhan Dkk dari Mahasiswa FK Unila angkatan 2022 yang memperkenalkan sekilas tentang dunia medis beserta peralatan standar medis.

“Kadang masih ada anak-anak yang takut melakukan pengobatan atau memeriksakan diri ke klinik dan dokter, di sini kami memberikan gambaran apa, mengapa dan apa saja yang dilakukan saat pemeriksaan standar. Adik–adik pun kami ajak mencoba alat seperti stetoskop agar lebih mengerti dari fungsi alat tersebut,” ujarnya.

Beranjut ke sesi 2, ada kakak – kakak Pengmas FK Unila melakukan edukasi kebersihan dengan interaktif. Kemudian mereka juga memberikan pemahaman scabies yang menyebabkan gangguan kesehatan akibat kurang terjaganya kebersihan baik secara lingkungan ataupun pola diri sendiri.

"Nah berhubung disini lumayan banyak adik – adik panti kita yang wanita dan rata – rata mulai memasuki usia pubertas atau remaja, kami juga menyampaikan wawasan tentang kanker serviks. Terkait bahayanya, gejala, dan bagaimana antisipasi pencegahannya.

Tak hanya itu kakak Pengmas kita mengadakan game interaktif yang memancing animo ceria peserta dengan hadiah untuk adik adik kita, juga memberikan perlengkapan P3K, vitamin dan obat – obatan ringan donasi dari Apotek Restu Ibu kepada pengurus panti,” terang Nana dari Pengmas FK Unila.

Sambil menunggu waktu berbuka puasa yang hampir tiba, ada Mang Adi BSX (pegiat literasi pendiri Busa Pustaka) yang berbagi cerita dan motivasi kepada adik – adik panti untuk terus bersemangat menuntut ilmu dan wawasan tidak terbatas pada dunia formal saja.

Tiba waktu berbuka dan rehat untuk shalat maghrib dan santap malam Bersama seluruh partisipan sesi kemudian dilanjut oleh bro Andre Baron BSX dan Kakak kakak dari UKMBS Malahayati memberikan edukasi tentang listrik dan instalasi sederhana untuk adik adik panti.

“Jangan lupa, ya selalu berhati hati dengan perangkat elektronik dan minta pendampingan kepada orang yang lebih dewasa untuk hal kelistrikan,” pesan mereka.

Salah satu anggota People Ride Team bernama Anggi yang ikut juga mengaku menikmati kegiatan yang dilaksanakan, karena berbagi ilmu dan wawasan juga dilakukan di samping memberikan donasi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini